Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudahkan Masyarakat Melancong, BMKG Siapkan Peta Cuaca Destinasi Wisata

Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, Carisz Kainama mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiapkan peta cuaca di sejumlah tempat yang menjadi destinasi wisata.
Peta cuaca destinasi pariwisata Sulut. /BMKG
Peta cuaca destinasi pariwisata Sulut. /BMKG

Bisnis.com, MANADO - Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, Carisz Kainama mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiapkan peta cuaca di sejumlah tempat yang menjadi destinasi wisata.

"Upaya ini lebih pada bagaimana memudahkan wisatawan mengakses kondisi cuaca di tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata," kata Carisz di Manado, Jumat (7/6/2019).

Dia meyakini bahwa usai berhari raya Lebaran, banyak warga yang akan mengisi hari libur dengan berwisata ke destinasi yang ada di kabupaten dan kota. Karena itu peta cuaca di masing-masing destinasi wisata ini ikut memberikan kemudahan bagi warga yang akan berwisata.

"Peta cuaca yang masih berbasis web diangkat pada saat dibangun posko Lebaran. Layanan peta cuaca ini akan berakhir pada 13 Juni mendatang," ujarnya.

Meski begitu, kata dia, apabila pemerintah provinsi ataupun kabupaten dan kota berharap peta cuaca ini tetap tersedia setiap hari, BMKG akan mempertimbangkannya. Peta cuaca ini menyuguhkan cuaca setiap lokasi wisata pada pagi, siang hingga malam hari.

"Mudah-mudahan ini akan membantu masyarakat yang akan berwisata, ketika diakses masyarakat bisa mengetahui perkiraan cuaca di masing-masing lokasi wisata yang dituju," ujarnya.

Beberapa destinasi wisata yang dilengkapi dengan perkiraan cuaca yaitu Pagoda Ekayan, Danau Linow, Waruga, Bukit Doa (Kota Tomohon), Bukit Kasih, Danau Tondano dan Pantai Mahembang (Kabupaten Minahasa).

Selanjutnya, Pulau Lembeh, Tandurusa (Kota Bitung), Pantai Pulisan, Casabaio, Pulau Gangga, serta Pulau Lihaga, Pantai Pall, Air Terjun Tunan (Kabupaten Minahasa Utara).

Sementara di Kota Manado mencakup Pulau Siladen, Pulau Bunaken, Gunung Tumpa, Air Terjun Kima Atas, Boulevard dan Pantai Malalayang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper