Ini Prakiraan Cuaca Pada Beberapa Lokasi Pengamatan Hilal

Cuaca di beberapa lokasi pengamatan hilal diprakirakan tidak cerah
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  11:40 WIB
Ini Prakiraan Cuaca Pada Beberapa Lokasi Pengamatan Hilal
Tim rukyatul hilal PC NU melakukan pemantauan "rukyatul hilal" di Balai Rukyat Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur. - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA—Pengamatan hilal untuk menentukan awal Bulan Syawal 1440 Hijriah atau Idulfitri akan dilakukan pada sejumlah daerah pada Senin (3/6). Akan tetapi, cuaca di beberapa lokasi pengamatan hilal diprakirakan tidak cerah.

Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan turun di titik pengamatan hilal pada wilayah Ambon, Tanjung Pasir, Kepahiang, dan Tuntungan. Sementara gerimis diprediksi turun di wilayah Ternate dan Balikpapan.

Prakiraan cuaca itu dikeluarkan BMKG dalam akun twitter resminya di @infoBMKG. Jika ditotal, pengamatan hilal tahun ini akan dilakukan dari 27 daerah.

BMKG juga menyediakan laman bagi masyarakat untuk memantau pengamatan hilal secara langsung. Laman itu bisa diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat.

Laman yang disediakan BMKG itu beralamat di http://www.bmkg.go.id/hilal. Ada juga laman lain yang memuat prakiraan hilal secara lebih detail di https://www.bmkg.go.id/hilal-gerhana.

Sidang penentuan Hari Raya Idulfitri 1440 H atau Isbat rencananya akan dilakukan Kementerian Agama dengan mengundang sejumlah instansi termasuk BMKG sore nanti.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mengatakan sidang isbat atau penentuan Hari Raya Idulfitri, akan digelar mulai pukul 17.00 WIB.

“Iya, hari ini (Senin) Isbat mulai pukul 17.00 WIB,” ujar Amin kepada Bisnis.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Idulfitri 1440 Hijriyah jatuh pada Rabu (5/6) nanti. Penetapan itu telah disampaikan sejak akhir Mei 2019 karena Muhammadiyah memakai metode hisab dalam penentuan Idulfitri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Cuaca

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top