Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menlu AS Pompeo Tuduh Iran Serang Tanker Minyak untuk Naikkan Harga Minyak Dunia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan terhadap kapal tanker minyak di kawasan Teluk beberapa waktu lalu. Dia menuduh bahwa serangan tersebut merupakan upaya Teheran untuk menaikkan harga minyak dunia.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  10:53 WIB
Mike Pompeo - reuters
Mike Pompeo - reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan terhadap kapal tanker minyak di kawasan Teluk beberapa waktu lalu. Dia menuduh bahwa serangan tersebut merupakan upaya Teheran untuk menaikkan harga minyak dunia.

"Ini adalah upaya Iran untuk menaikkan harga minyak mentah di seluruh dunia," kata Pompeo dikutip dari Reuters, Jumat (31/5/2019).

Dia mengklaim bahwa dirinya telah melihat bukti keterlibatan Iran, merujuk pernyataan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton sebelumnya.

Pada Kamis (30/5/2019), saat kunjungannya ke London, Bolton mengatakan, bukti bahwa Iran berada di belakang serangan tanker akan disampaikan kepada Dewan Keamanan PBB pekan depan.

“Oh, ya. Duta Besar Bolton melakukannya dengan benar," kata Pompeo ketika ditanya apakah dia telah melihat buktinya.

Sementara itu, para pemimpin Arab bertemu di kota Mekah, Saudi untuk membahas serangan pesawat tak berawak pada instalasi minyak di Arab Saudi dan serangan terhadap empat kapal, termasuk dua kapal tanker Saudi di lepas pantai Uni Emirat Arab awal bulan ini.

Teheran telah membantah pihaknya terlibat atas serangan tersebut.

Utusan AS untuk Iran Brian Hook pada Kamis (30/5) memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan merespons dengan kekuatan militer jika kepentingannya diserang oleh Iran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak iran amerika serikat
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top