Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK 2019: Kemenkes Siagakan 6.047 Layanan Kesehatan

Kementerian Kesehatan menyiapkan fasilitas layanan kesehatan selama periode libur Lebaran guna mewujudkan mudik yang aman, sehat, dan selamat bagi masyarakat.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan menyiapkan fasilitas layanan kesehatan selama periode libur Lebaran guna mewujudkan mudik yang aman, sehat, dan selamat bagi masyarakat.

Melalui website resmi, Kemenkes menyatakan telah menyiapkan 6.047 fasilitas layanan kesehatan yang terdiri atas 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 Rumah Sakit di Jalur Pantura, 144 Rumah Sakit Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah itu lebih tinggi dari tahun lalu sebanyak 3.910 unit fasilitas.

Untuk menggunakan fasilitas kesehatan mudik dari Kemenkes, masyarakat dapat melakukan konfirmasi sebagai syarat penyelarasan data serta keterangannya. “Jadi, saat mudik bila ada kejadian darurat, masyarakat bisa langsung menghubungi 199.”

Pemeriksaan kesehatan dilakukan pada pengemudi yang memiliki jarak tempuh cukup lama setidaknya lebih dari 4 jam atau mempunyai rute yang padat dan sering. Jangkauan pemanfataan fasilitas menyasar antara lain pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi dan Antar Kota Dalam Provinsi.

Pemeriksaan kesehatan diberlakukan juga bagi pengemudi pengganti dalam satu armada tersebut. Pos Kesehatan di jalur mudik merupakan bentuk sektor kesehatan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan langsung kepada para pemudik selama Hari Raya Idulfitri 1440 H.

Pelayanan kesehatan yang diberikan di pos kesehatan ini berupa pengobatan umum, pelayanan kesehatan tradisional, pelayanan kegawatdaruratan, dan pelayanan transportasi rujukan medis. Pos kesehatan juga memberikan pelayanan promosi kesehatan dan pencegahan seperti penyediaan informasi kesehatan dan pemeriksaan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Jordy Triawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper