Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Upaya Pemkot Bandung Antisipasi Lonjakan Harga Daging Ayam

Pemkot Bandung menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan harga daging ayam jelang Hari Raya Idulfiti 2019 mendatang.

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan harga daging ayam jelang Hari Raya Idulfiti 2019 mendatang.

Hal tersebut dilakukan lantaran dalam sepekan jelang Hari Raya Idulfitri ini harga daging ayam di pasaran mulai merangkak naik.

Plt. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Elly Wasliah menilai kenaikan harga daging ayam saat ini masih terbilang wajar, yakni berkisar Rp36.000-Rp38.000 per kilogram dari harga normal Rp34.000. 

Menurutnya harga daging ayam jika sudah berada diatas Rp40.000 per kilogramnya baru dianggap tidak wajar.

"Kami berharap paling mahal itu di Rp40.000. Kalau di atas itu sudah tidak wajar kenaikannya. Kita akan pantau terus setiap hari. Kalau kenaikannya sudah tidak wajar, pemerintah melakukan OPM [Operasi Pasar Murah]. Tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi," kata Elly, Rabu (29/5).

Sebagai langkah antisipasi, Pemkot Bandung telah bekerja sama dengan Bulog Subdrive Bandung untuk menggelar Operasi Pasar Murah (OPM).

Elly memprediksi kebutuhan daging ayam terus meningkat sampai menjelang Hari Raya Idulfitri. Kenaikannya permintaan bahkan bisa mencapai 100 persen. Puncaknya, antara 1,2-1,6 juta ekor per hari beberapa saat sebelum Hari Raya Idulfitri.

‎"Masyarakat relatif memilih daging ayam karena harganya yang lebih murah dibaningkan daging sapi. Dalam kondisi normal Kota Bandung membutuhkan 600.000-800.000 ekor per hari,” jelasnya.

Guna memenuhi kebutuhan daging ayam tersebut, Elly menyebutkan, para pedagang pasar tradisional di Kota Bandung biasanya menerima pasokan dari daerah Priangan Timur, yakni para peternak di Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar. Sementara ‎untuk pasar modern disuplai dari Cianjur.

Elly menyatakan Pemkot Bandung sudah lebih dulu menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis beserta para peternak ayam di wilayah tersebut untuk memprioritaskan pasokan ke Kota Bandung.‎ Harapannya, bisa menjaga stok ketersediaan daging ayam di pasaran.

"Kemarin pada saat Ramadan, TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Jawa Barat dan TPID Kota Bandung ke Ciamis untuk melakukan kerja sama agar ‎pasokan ke Kota Bandung ditingkatkan. Jadi jangan dulu ke Jabodetabek tapi ke Bandung dulu. Alhamdulillah ketemu dengan Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis, dengan pengusaha ayam baik ayam telur ataupun ayam pedaging," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper