Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buruh Mogok, 80 Penerbangan di Bandar Udara Schiphol Terganggu

Sekitar 80 penerbangan masuk dan keluar Bandar Udara Schiphol Amsterdam dibatalkan pada Selasa (28/5/2019) akibat aksi mogok transportasi umum nasional yang menyulitkan penumpang dan staf datang ke bandara terbesar ketiga Eropa tersebut.
Bandara Schipol/Reuters
Bandara Schipol/Reuters

Bisnis.com, AMSTERDAM - Aksi pemogokan buruh transportasi umum berdampak pada layanan penerbangan di Bandara Schipol, Amsterdam. 

Sekitar 80 penerbangan masuk dan keluar Bandar Udara Schiphol Amsterdam, Belanda, dibatalkan pada Selasa (28/5/2019) akibat aksi mogok transportasi umum nasional yang menyulitkan penumpang dan staf datang ke bandara terbesar ketiga Eropa tersebut.

Hampir seluruh pengemudi kereta, bus dan trem di Belanda melakukan aksi mogok selama 24 jam pada Selasa. Mereka memprotes usulan reformasi sistem pensiunan di negara tersebut.

Maskapai Penerbangan KLM mengimbau para penumpang agar menunda rencana perjalanan mereka dan menawarkan jadwal ulang penerbangan tanpa dipungut biaya.

Maskapai Inggris EasyJet ikut membatalkan 24 penerbangan setelah pihak bandara meminta maskapai agar membatasi jumlah penumpang yang hendak menuju Schiphol sebanyak mungkin.

Sejumlah operator lain yang juga membatalkan penerbangan dan menawarkan tanggal alternatif penerbangan di antaranya United Airlines, Flybe dan Ryanair.

Aksi mogok yang menyebabkan kemacetan panjang di sekitar kota-kota besar di Belanda pada Selasa pagi merupakan bagian dari aksi protes yang lebih besar. Aksi tersebut diprediksikan akan melumpuhkan operasi di sejumlah pabrik dan layanan publik pada Rabu.

Serikat pekerja menuntut pemerintah agar membatalkan rencana penambahan usia pensiun dan membatasinya pada usia 66 tahun saat ini. Mereka juga meminta agar dimudahkan untuk mengajukan pensiun dini bagi pekerja yang menuntut fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper