12 Trik Mengurangi Rasa Lapar saat Berpuasa

Di bulan Ramadan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa makan dan minum selama 13 jam lebih, hal ini pastinya memicu nafsu makan menjadi sangat tidak terkontrol di waktu buka puasa. 
Ria Theresia Situmorang | 18 Mei 2019 12:07 WIB
Menu untuk sahur - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Di bulan Ramadan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa makan dan minum selama 13 jam lebih, hal ini pastinya memicu nafsu makan menjadi sangat tidak terkontrol di waktu buka puasa. 

Beberapa jam setelah sahur, beberapa mungkin sudah merasakan kelaparan bahkan saat sudah makan banyak sebelumnya di waktu sahur. 

Namun tahu kah Anda bahwa sebenarnya ada yang salah dengan pola makan Anda sehingga Anda tidak bisa mengontrol rasa lapar yang datang sangat cepat. 

Berikut adalah tips agar Anda bisa mengontrol perasaan lapar dikutip dari Boldsky pada Sabtu (18/5/2019).  

  1. Konsumsi makanan berserat tinggi

Mengonsumsi makanan tinggi fiber seperti kacang-kacangan bisa membantu Anda merasa kenyang hingga 31 persen. Diet tinggi fiber nyatanya bisa meningkatkan hormon yang mengontrol perasaan kenyang pada otak. 

 Menambahkan asupan protein

Menambahkan bahan makanan yang tinggi protein akan membuat Anda kenyang lebih lama. Makanlah makanan tinggi protein seperti susu, telur, yogurt dan lain-lain. 

 Konsumsi makanan dengan lemak sehat

Lemak sehat bisa Anda temukan pada alpukat, olive oil dan kacang-kacangan yang memang terbukti membuat Anda kenyang lebih lama. Saat Anda mengonsumsi lemak, hormon yang disebut leptin akan keluar dari sel lemak dan akan memicu sel otak mengirimkan sinyal kalau Anda sudah kenyang. 

 Minum banyak air sebelum makan

Studi membenarkan kalau mengonsumsi segelas air sebelum makan akan membuat Anda lebih kenyang. Namun tidak hanya terbatas pada air, mengonsumsi sup sebelum makan besar juga membuat Anda tidak makan secara impulsif. 

 Makan sayur terlebih dahulu

Orang yang mengonsumi sayuran dalam jumlah yang banyak sebelum makan besar terbukti mengurangi 12 persen asupan makanan tinggi kalori saat makan besar. Hal ini dikarenakan ia sudah kenyang terlebih dahulu dengan sayuran yang ia konsumsi. 

 Minum kopi

Mengonsumsi kopi meningkatkan hormon di saluran pencernaan Anda yang dinamai peptide YY. Hormon ini biasanya merespon makanan yang masuk dalam tubuh dan mengirimkan sinyal kenyang pada otak Anda. 

 Konsumsi kacang kedelai 

Seperti yang diketahui kacang kedelai tinggi akan protein, lemak dan karbohidrat dimana semua nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menjaga nafsu makan Anda. 

 Menyediakan kudapan cokelat hitam

Tidak semua cokelat mengandung lemak dan gula yang mengganggu kesehatan Anda, cokelat hitam contohnya membantu mengurangi nafsu makan karena adamya stearic acid di dalamnya. 

 Mengganti makanan ringan

Gantilah makanan ringan Anda dari yang memiliki pengawet menjadi makanan ringan yang sehat seperti buah. Konsumsilah apel, wortel, pisang atau semangka saat lapar tidak di jam besar. 

 Mengonsumsi jahe

Jahe memiliki banyak keuntungan kesehatan termasuk di dalamnya menunda lapar. Setelah dikonsumsi, jahe akan mendorong sistem pencernaan yang akan mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang. 

 Mengurangi level stres

Stres ternyata berpengaruh penting pada pola makan Anda. Saat stres, hormon pada otak Anda akan terus mengirimkan sinyal lapar. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengatur tingkat stres. 

 Makan secara perlahan

Mulai sekarang jangan makan terlalu tergesa-gesa. Hal ini karena otak Anda butuh waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal dari saluran pencernaan Anda bahwa sebenarnya Anda sudah kenyang. Makan secara perlahan akan membuat Anda tidak makan terlalu banyak dan kenyang lebih cepat.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Puasa, sahur

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup