Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tinggalkan Balikpapan, Presiden ke Palangkaraya Tinjau Lokasi Calon Ibu Kota

Presiden Joko Widodo dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa, (7/5/2019).
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 07 Mei 2019  |  18:43 WIB
Presiden Joko Widodo saat di Kalimantan Timur.
Presiden Joko Widodo saat di Kalimantan Timur.

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah meninjau lokasi yang menjadi alternatif calon ibu kota Indonesia yang baru di Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa, (7/5/2019).

Berdasarkan keterangan tertulis yang dirilis oleh Sekretariat Presiden, Presiden tiba pukul 15.50 WIB di Bandar Udara Tjilik Riwut, Kota Palangkaraya setelah menempuh penerbangan selama 50 menit dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Presiden disambut Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

Presiden akan bermalam di Kota Palangkaraya, untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerja keesokan harinya, Rabu (8/5/2019). Salah satu agenda Presiden adalah meninjau lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota.

Seperti diketahui, Jokowi berkeinginan memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta ke luar Jawa karena Jawa dinilai sudah terlalu padat.

Lokasi yang dipertimbangkan untuk menjadi ibukota baru adalah Kalimantan. Gagasan memindahkan ibukota ini sudah muncul sejak zaman Presiden Soekarno.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Tengah adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan A. Djalil, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjutak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibu Kota Dipindah
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top