Ma'ruf Amin Luncurkan Buku Macronomics

JAKARTA - Pemikiran besar KH. Ma'ruf Amin dalam bidang.Ekonomi yang dituang dalam buku Macronomics karya Nurdin Tampubolon makin menjelaskan dan mempertegas lagi bagaimana sebenarnya cawapres pendamping Joko Widodo ini memiliki kapasitas dalam bidang ekonomi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 April 2019  |  20:58 WIB
Ma'ruf Amin Luncurkan Buku Macronomics
Peluncuran Buku Macronomics - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Pemikiran besar KH Ma'ruf Amin dalam bidang rkonomi yang dituang dalam buku Macronomics karya Nurdin Tampubolon makin menjelaskan dan mempertegas lagi bagaimana sebenarnya cawapres pendamping Joko Widodo ini memiliki kapasitas dalam bidang ekonomi.

Lewat Ekonomi Baru Indonesia, buku ini mengupas dengan gamblang bagaimana arah dan tujuan Ekonomi Indonesia ke depan bila nanti Ma'ruf terpilih sebagai Cawapres 2019-2024.

Dalam buku setebal 318 halaman ini, dijelaskan bagaimana dasar-dasar dari pemikiran mengenai Ekonomi Baru Indonesia.

"Buku ini memiliki dasar pemikiran bagaimana membuat ekonomi kita lebih baik. Mensinergikan antara ekonomi lemah dengan ekonomi kuat. Lalu bagaimana melakukan sejumlah pembenahan. Ini yang saya sebut, Maximalize utility." ujar Ma'ruf Amin.

Dalam pandangan ke-Islamannya, istilah Maximalize Utility, Ma'ruf mengatakan bagaimana cara kita untuk memperbesar dan menyempurnakan lagi ekonomi yang sudah dijalankan oleh pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla.

“Kita bisa memperoleh positif multy player hi-tech. Kalau itu yang dikerjakan maka apa yang dikerjakan Pak Nurdin juga akan cepat tercapai, bisa terealisasikan." tambah Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, langkah-langkah yang dilakukan Jokowi - JK sudah memenuhi reformasi yang substantif, tidak hanya struktural. Dia heran jika ada orang yang mengatakan kondisi Indonesia justru sedang sakit.

"Kalau ada yang mengatakan negara ini sakit, itu tidak tepat. Kita sedang menuju sembuh kok." imbuhnya.

Ma'ruf juga memberi apresiasi besar atas peluncuran buku ini. “Ilmu saya yang bisa menjelaskan sebenarnya bukan saya tapi Pak Nurdin. Saya memberi  apresiasi terhadap terbitnya buku ini. Yang hebat itu bukan saya. Saya hanya pemikiran yang sederhana, tapi yang menulis buku saya yang hebat." ujar Ma'ruf lagi.

Sementara itu, Nurdin Tampubolon menjelaskan sebagian dari isi buku yang ditulisnya itu. Dia menegaskan bahwa saat ini Indonesia sudah memiliki keunggulan daya saing yang berkelanjutan di banyak bidang.

"Harga-harga di kita lebih murah daripada negara lain. Kita juga unggul dalam hal kualitas dan inovasi. Kita juga lebih cepat merespon pasar. Kemudian terhadap produk-produk kita makin baik." kata Nurdin.

Nurdin menambahkan, dengan adanya keunggulan tersebut, maka koorporasi jadi kuat. Dengan kuatnya dunia usaha dan industri maka akan tercipta lapangan pekerjaan baru. Dengan demikian kata Nurdin, pendapatan negara akan meningkat.

Nurdin mengatakan mengenai Maximalize Utility yaitu bagaimana negara meningkatkan kebutuhan sandang dan pangan dari seluruh masyarakat Indonesia. Khususnya untuk umat Islam.

"Inilah yang saya katakan bahwa ini kolaborasi dengan ekonomi Syariah  yang memang dikuasai Pak Ma'ruf." imbuh Nurdin.

 Menurut pembedah buku, Ekonom Aviliani, dirinya memberi respons positif dengan diluncurkannya buku ini. Menurutnya, Nurdin Tampubolon sangat jeli dalam menafsirkan pemikiran Abah, sapaan Ma'ruf Amin.

"Pak Nurdin bisa menerjemahkan pemikiran Ma'ruf. Ini sesuatu yang bagus. Karena banyak yang dekat dengan Pak Ma'ruf, tapi tidak pernah menerjemahkan pemikirannya. Saya rasa Pak Nurdin adalah orang yang berhasil menuliskan pemikiran-pemikiran beliau.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
buku

Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top