Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesta Demokrasi di Stockholm Berlangsung Meriah

Warga Indonesia yang tinggal di Swedia turut memberikan suaranya dalam Pemilu 2019 di KBRI Stockholm.
Suasana pemungutan suara di KBRI Stockholm, Swedia, Sabtu (13/4/2019)./Istimewa
Suasana pemungutan suara di KBRI Stockholm, Swedia, Sabtu (13/4/2019)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Puluhan warga Indonesia memeriahkan pesta demokrasi di Wisma Duta Republik Indonesia, Lidingo, Stockholm, Sabtu (13/4/2019).

Hari ini adalah waktu yang ditetapkan sebagai hari pemungutan suara untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah akreditasi KBRI Stockholm.

“Walau mengantri tapi menyenangkan, saya datang bersama-sama suami dan juga rekan-rekan WNI lain untuk nyoblos,” ujar Nova Mandang, WNI di Swedia, yang dikutip dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (13/4/2019).

Sebagian WNI yang hadir berasal dari kalangan mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Swedia. Kalangan milenial tersebut tiba berbondong-bondong dan dengan ceria menunggu antrian untuk ikut melakukan pemungutan suara.

Seneng banget, ini pengalaman pertamaku nyoblos Pemilu Legislatif dan Presiden,” ujar Anisha Kristina, WNI di Swedia.

Kegiatan pemungutan suara di Wisma Duta RI di Stockholm ini berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 18.00.

Sebelum kegiatan pemungutan suara  berlangsung, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) yang bertugas telah berkumpul sejak pukul 05.30 pagi untuk persiapan akhir dan doa bersama, yang dipimpin langsung oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Swedia dan Latvia Bagas Hapsoro.

“Alhamdulilah semua persiapan pemungutan suara telah sepenuhnya siap dan Insya Allah kegiatan pemungutan suara hari ini berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Sementara itu, PPLN di Stockholm beserta KBRI Stockholm mengakomodasi lebih dari 1.000 pemilih di wilayah akreditasi KBRI Stockholm, yaitu Swedia dan Latvia.  Atas jumlah tersebut, 905 pemilih memutuskan untuk memilih melalui pos dan 260 pemilih datang langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami harus tetap mengantisipasi kehadiran WNI yang masuk dalam kategori Daftar Pemilih Tambahan dan Daftar Pemilih Khusus. Namun, Insya Allah semua telah diperhitungkan dengan baik,” ujar Monica Utari Mariana, Ketua PPLN di Stockholm.

Di Swedia, pemilih yang berdomisili di Stockholm dan Uppsala kebanyakan memilih di TPS. Sementara itu, yang berdomisili di kota besar lain, seperti Gothenburg dan Malmo, kebanyakan memilih melalui pos.

Dalam kegiatan pemungutan suara di Stockholm tersebut, para pemilih diberikan fasilitas penjemputan dari stasiun Metro terdekat, yaitu Ropsten. Hal ini untuk mengakomodasi pemilih yang tiba dari tempat tinggal yang jauh dari Wisma Duta RI.

Selain itu, disediakan konsumsi yang merupakan masakan tradisional Indonesia, seperti nasi kuning dan ramesan.

Selain di Swedia, terdapat sejumlah PPLN dan perwakilan RI di negara lain yang melakukan kegiatan pemungutan suara pada 13 April 2019, antara lain Abuja, Canberra, dan New York.

Adapun kegiatan pemungutan suara di luar negeri berlangsung di beberapa tanggal yaitu 8-14 April 2019. Walaupun demikian, proses penghitungan suara tetap dilakukan serentak pada 17 April 2019.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper