Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minim Eksekutif Wanita, Indonesia Terendah Kedua Setelah India

Berdasarkan survei yang dilakukan di 37 negara, Indonesia berada di peringkat dua setelah India untuk negara yang paling sedikit posisi manajemen senior wanita di dalamnya.
Ilustrasi/Genderintelligence
Ilustrasi/Genderintelligence

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang Hari Kartini, Grant Thornton, penyedia jasa audit, tax, dan advisory global menyajikan data terkait wanita yang berkecimpung dalam dunia bisnis bertajuk "Women in Business 2019".

Berdasarkan survei yang dilakukan di 37 negara, Indonesia berada di peringkat dua setelah India untuk negara yang tercatat paling sedikit posisi manajemen senior wanita di dalamnya.

Survei tersebut mencatat hanya 2% dari perusahaan di Indonesia yang seluruh posisi manajemen senior dikuasai oleh pria, selebihnya tercatat setidaknya satu wanita memegang posisi strategis kepemimpinan perusahaan.

Survei tersebut menggunakan metodologi pengumpulan data hybrid, dengan 68% wawancara dilakukan secara online.

Struktur sampel terdiri atas besar perusahaan, komposisi industri, geografi dan peran fungsional responden.

Hasil tersebut tampaknya didukung oleh berbagai strategi yang dilakukan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk meningkatkan jumlah posisi wanita dalam manajemen senior mereka beberapa tahun belakangan ini.

Namun, terlepas dari kuantitas wanita Indonesia yang menempati ekseutif senior di perusahaan, Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia mengatakan wanita di Indonesia terus memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan tempat mereka bekerja.

"Berbagai posisi yang ditempati di manajemen senior perusahaan menandakan peran para wanita di berbagai bidang semakin besar untuk membawa perusahaan memiliki kinerja lebih baik," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/4/2019).

Laporan Women in Business 2019 mencatat tiga strategi yang paling banyak dilakukan perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan maupun menjaga keseimbangan gender. 

Antara lain menyediakan program mentoring atau pelatihan, memungkinkan fleksibilitas dalam dunia kerja, dan memastikan akses yang setara antara pria dan wanita terkait peluang kerja.

Lebih lanjut mengenai posisi di manajemen senior yang paling banyak dipegang oleh wanita, Chief Financial Officer (CFO) ternyata memiliki populasi terbanyak berdasarkan laporan tahun ini,.

Tercatat 50.4% perusahaan memiliki wanita sebagai pemegang jabatan tertinggi pada bagian keuangan mereka.

Posisi tersebut diikuti Human Resources Director (Direktur Sumber Daya Manusia) yang berada di angka 26% dan CMO (Chief Marketing Officer) di kisaran 18.9% untuk posisi terbanyak yang dipimpin para srikandi dalam struktur organisasi perusahaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper