Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

UTBK SBMPTN 2019 Mulai 13 April, Berikut Jadwal Tesnya

Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019 akan dimulai pada 13 dan 14 April 2019.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 10 April 2019  |  13:05 WIB
 Ravik Karsidi  - wikimedia
Ravik Karsidi - wikimedia

Bisnis.com, JAKARTA - Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019 akan dimulai pada 13 dan 14 April 2019.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengimbau agar peserta yang mengambil jadwal tersebut untuk memperhatikan jadwal tes.

"Sesi pagi dimulai pukul 07.30 dan sesi siang dimulai pukul 12.30 waktu setempat," ujar Ketua LTMPT Ravik Karsidi melalui keterangan tertulisnya yang diterima Bisnis.com, Rabu (10/4/2019).

Para peserta diharuskan hadir 30 menit sebelumnya dan diharapkan sudah mengetahui lokasi dan ruang tes sesuai dengan yang tertera di kartu tanda peserta UTBK 2019. Peserta juga diharuskan mengetahui dan memahami dengan benar tata tertib ujian.

"Setiap pelanggaran terhadap tata tertib ujian, akan mengakibatkan peserta dibatalkan ujiannya," kata Ravik.

Ujian akan terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS merupakan tes yang akan mengukur kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sementara itu, kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi kelompok ujian sains dan teknologi (saintek) dengan materi ujian meliputi, matematika saintek, fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) dengan materi ujian meliputi matematika soshum, geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.

UTBK gelombang satu digelar pada 13 April-4 Mei 2019, sedangkan UTBK gelombang dua pada 11 Mei-26 Mei 2019. Adapun hasilnya akan diumumkan paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK. Lokasi ujian tersebar di 73 perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

UTBK merupakan syarat wajib mengikuti SBMPTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan paket C. Dengan hasil UTBK, siswa bisa mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perguruan tinggi snmptn sbmptn
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top