Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puing-puing Pesawat Tempur F-35 Milik Jepang Ditemukan

Tim pencarian dan penyelamatan akhirnya menemukan puing-puing pesawat jet tempur siluman F-35 milik Jepang yang menghilang kemarin di atas wilayah Samudra Pasifik, menurut seorang juru bicara militer.
Bendera Jepang/Istimewa
Bendera Jepang/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tim pencarian dan penyelamatan akhirnya menemukan puing-puing pesawat jet tempur siluman F-35 milik Jepang yang menghilang kemarin di atas wilayah Samudra Pasifik, menurut seorang juru bicara militer. 

"Kami menemukan puing-puing pesawat dan memutuskan bahwa benda itu berasal dari F-35," menurut pejabat dari  Angkatan Udara Bela Diri (ASDF) Jepang yang tidak mau disebutkan namanya sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (11/4/2019).

Akan tetapi, dia menambahkan bahwa pilot pesawat itu belum ditemukan.

Pesawat jet satu kursi canggih itu terbang sekitar 135 km sebelah timur pangkalan udara Misawa di Prefektur Aomori sekitar pukul 19.27 waktu setempat  kemarin ketika menghilang dari radar, menurut pernyataan Pasukan Bela Diri Udara.

Pesawat itu berusia kurang dari satu tahun dan dikirim ke ASDF pada Mei tahun lalu, kata jurubicara itu. Skuadron F-35 pertama Jepang baru saja beroperasi di Misawa dan pemerintah berencana membeli 87 pesawat tempur siluman untuk memodernisasi pertahanan udaranya pada saat  kekuatan militer China tumbuh.

Kecelakaan itu merupakan yag kedua kali atas F-35 sejak pesawat mulai terbang hampir dua dekade lalu.

Kejadian itu juga merupakan kecelakaan pertama versi A dari pesawat tempur generasi kelima, yang dirancang untuk menembus pertahanan musuh dengan menghindari deteksi radar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper