KPAI Ungkap Ratusan Anak Hadiri Kampanye Prabowo

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan menemukan pelibatan ratusan anak dalam kampanye terbuka calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, Jumat (29/3/2019).
JIBI
JIBI - Bisnis.com 30 Maret 2019  |  07:14 WIB
KPAI Ungkap Ratusan Anak Hadiri Kampanye Prabowo
Para pendukung mengikuti kampanye terbuka Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di kawasan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/3/2019). - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan menemukan pelibatan ratusan anak dalam kampanye terbuka calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, Jumat (29/3/2019).

Kampanye terbuka itu digelar di kawasan Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Temuan diungkap komisioner perlindungan anak Indonesia, Jasra Putra, yang melakukan pengawasan langsung atas kampanye terbuka tersebut.

 “Setelah kami tanyakan, rata rata mereka diajak oleh orang tuanya, atau datang dari perwakilan majelis taklim,” kata Putra, Jumat (29/3/2019).

Temuan itu disebutkannya menguatkan kecenderungan pelibatan anak dalam kampanye terbuka yang semakin meningkat. Padahal, Pasal 15 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak menyatakan anak memiliki hak perlindungan dalam penyalahgunaan kegiatan politik.

Putra melanjutkan, temuan di Pakansari akan menjadi bahan laporan yang akan dikirimnya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Menurut dia, Bawaslu yang berwenang dalam melakukan penindakan terhadap pelanggaran itu.

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, melakukan kampanye terbuka di halaman parkir timur Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat (29/3/2019).

Prabowo berorasi di hadapan massa terdiri dari ribuan orang yang menyesaki halaman itu karena memang mereka tidak bisa masuk stadion.

Kampanye terbuka tersebut turut dihadiri oleh para juru kampanye nasional tim pemenangan Prabowo-Sandi seperti Fadli Zon, Neno Warisman, Faldo Maldini, Haikal Hasan, Rahmawati Soekarnoputri, Ahmad Heryawan, Zulkifli Hassan, Primus Yustisio, Kamelia Malik, Mulan Jameela, dan komedian Komeng.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kpai, Pilpres 2019, Kampanye Terbuka

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top