KTT AS-Korut Berakhir Tiba-Tiba, Bursa Korsel Melemah

Nilai tukar mata uang dan saham Korea Selatan merosot setelah pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jongun berakhir secara tiba-tiba.
Nirmala Aninda | 28 Februari 2019 15:10 WIB
Bursa Korea Kospi - Reuters
Bisnis.com, JAKARTA -- Nilai tukar mata uang dan saham Korea Selatan merosot setelah pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jongun berakhir secara tiba-tiba.
Ekspektasi sejumlah negara, khususnya Korea Selatan terkait program denuklirisasi dan potensi deklarasi akhir dari perang antara Korea Utara dengan Amerika Serikat terpaksa pupus tanpa kejelasan.
Indeks acuan Kospi turun hingga 1,6% sementara won Korea Selatan merosot 0,5% pada pukul 15.20 waktu Seoul. Obligasi berjangka pada indeks S&P 500 turut terkena dampak penurunan menjadi 0,3%.
Trump dan Kim secara terpisah meninggalkan hotel Sofitel Legend Metropole pada pukul 13.30 waktu setempat. Trump diagendakan untuk melangsungkan konferensi pers pada pukul 14.00, atau dua jam lebih  cepat dari agenda semula.
Sebelumnya baik Trump maupun Kim dijadwalkan untuk menandatangani kesepakatan bersama pada pukul 14.00 setelah acara makan siang. Hingga saat ini tidak jelas apakah agenda tersebut akan berjalan sesuai rencana.
Pada konferensi pers pagi tadi, Trump mengatakan dia tidak terburu-buru menunggu Pyongyang menyerahkan senjata nuklirnya, dia bahkan sedikit menurunkan ekspektasinya terhadap KTT ini dan menyatakan bahwa perundingan jangka panjang akan lebih efektif.
"Saya tidak bisa berbicara dengan pasti hari ini, namun alam jangka panjang kita akan memiliki kesuksesan yang fantastis," kata Trump pada konferensi pers pembuka KTT, seperti dikutip melalui Bloomberg, Kamis (28/2).
"Kecepatan tidak terlalu penting bagi saya, kami idak terburu-buru. Kami hanya ingin melakukan kesepakatan yang tepat,” tambahnya.
Pada kesempatan yang sama, Kim menanggapi pertanyaan wartawan AS yang hadir pada konferensi pers. Ketika ditanya apakah dia percaya diri dengan hasil KTT kali ini, dalam bahasa Korea dia menjawab memiliki firasat baik terhadap hasil dari pertemuan dengan Trump.
"Ada orang yang masih skeptis tentang pertemuan ini. Mereka semua akan menonton momen ini bersama seolah-olah mereka menonton film fantasi. Izinkan saya meyakinkan Anda bahwa saya akan melakukan yang terbaik untuk membawa hasil yang baik," ujar Kim.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
indeks kospi, Donald Trump

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup