Foto Tradisi Islam di Rusia Digelar di TMII

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka pameran foto Tradisi Islam di Rusia pada Selasa (26/2/2019).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  17:45 WIB
Foto Tradisi Islam di Rusia Digelar di TMII
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiei depan) menyaksikan foto-foto Islam di Rusia, didampingi Wakil Ketua Dewan Mufti Rusia Rushan Hazrat Abbyasov. - Kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka pameran foto Tradisi Islam di Rusia pada Selasa (26/2/2019).

Pameran yang digelar di Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta ini berlangsung hingga18 Maret 2019. Pameran ini terselenggara atas kerja sama Dewan Mufti Rusia dengan Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama.

Menag mengaku bersyukur dapat berkesempatan untuk membuka pameran yang dilaksanakan dalam rangka merayakan hubungan diplomatik Indonesia-Rusia yang telah berlangsung selama 70 tahun.

“Tidak sekadar merayakan hubungan yang telah terjalin sangat baik, tetapi juga sekaligus melalui pameran ini, kita kesempatan kita melestarikan kebudayaan islami yang berkembang di dunia,” ujar Menag sebagaimana dilansir laman resmi Kemenag.

Tampak hadir di antaranya Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, Wakil Ketua Dewan Mufti Rusia Rushan Hazrat Abbyasov, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsudin, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, dan perwakilan dari negara-negara sahabat.

Menag menyambut baik kehormatan yang diberikan oleh Dewan Mufti Rusia menjadi tuan rumah pameran foto kehidupan muslim Rusia. 

"Dengan mengetahui kebudayaan Islam di Rusia, kita sedang menjaga peradaban dunia. Karena kebudayaan saling berinteraksi, saling berbagi, untuk kemudian dari waktu ke waktu semakin baik dan meningkat," kata Menag.

Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menuturkan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Rusia terjalin sejak 70 tahun lalu ditandai dengan kedatangan Presiden Soekarno di Rusia. Hingga saat ini, hubungan diplomatik kedua negara masih cukup baik dilakukan, termasuk dalam urusan kehidupan beragama.

"Ini diwujudkan dengan adanya pertukaran pelajar hingga pengiriman kontingen musabaqoh Tilawatil Quran antarkedua negara," tutur Lyudmila Vorobieva.

Sementara Wakil Ketua Dewan Mufti Rusia Rushan Hazrat Abbyasov, menyatakan bahwa pameran foto ini bertujuan memperkenalkan kehidupan muslim di Rusia yang multietnis dan multikultural. Dia juga menyampaikan salam dari para pemimpin muslim dan 25 juta muslim di Rusia.

"Islam telah hidup di negara kmi lebih dari 1.000 tahun. Pameran foto yang dilakukan di Indonesia membuktikan bahwa Indonesia adalah partner penting bagi kehidupan muslim dan perkembangan Islam di Rusia," kata Rushan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rusia, islam

Sumber : Kemenag.go.id

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup