Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendagri Sebut Kepala Daerah Memiliki Hak Politik untuk Berkampanye

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa setiap kepala daerah memiliki hak politik untuk berkampanye.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  00:12 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo - Bisnis/Sholahuddin Al Ayyubi
Mendagri Tjahjo Kumolo - Bisnis/Sholahuddin Al Ayyubi

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa setiap kepala daerah memiliki hak politik untuk berkampanye.

Hal tersebut dijelaskannya karena jabatan kepala daerah merupakan jabatan politis yang didukung, dipilih, diajukan oleh satu partai politik atau gabungan partai politik.

“Seluruh kepala daerah yang saya sampaikan punya hak politik, berhak untuk kampanye karena yang bersangkutan adalah didukung, dipilih, diajukan, oleh satu partai politik atau gabungan partai politik,” kata Tjahjo dalam keterangan resmi di laman resmi Kementerian Dalam Negeri, Senin (25/2/2019).

Tjahjo menegaskan bahwa kepala daerah boleh mengkampanyekan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019 dengan syarat mengajukan cuti atau sesuai dengan ketentuan dan undang-undang yang berlaku.

Lebih lanjut, dia menanggapi kasus deklarasi kepala daerah di Jawa Tengah, menurutnya hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang ada dan hanya berkaitan dengan masalah etika.

“Sehingga kepala daerah itu boleh kampanye, tetapi mengikuti aturan-aturan, baik Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017, PP Nomor 32 Tahun 2018, maupun PKPU  yang mengatur terkait Kampanye,” jelasnya.

Tjahjo mengimbau kepala daerah berhati-hati dan mempelajari aturan KPU dan Bawaslu selama Pemilu 2019. Hal tersebut guna menghindari adanya pelanggaran, terutama yang dilakukan selama masa kampanye.

Tjahjo juga meminta kepala daerah yang ikut berkampanye untuk melakukan izin atau cuti terlebih dahulu dan tidak menggunakan atau menyalahgunakan fasilitas negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top