Kebakaran di Muara Baru, Kemenhub Siagakan 3 Kapal Patroli KPLP

Kemenhub menyiagakan tiga unit kapal patroli KPLP untuk membantu pemadaman kebakaran 16 unit kapal penangkap ikan di Muara Baru, Jakarta.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 23 Februari 2019  |  22:42 WIB
Kebakaran di Muara Baru, Kemenhub Siagakan 3 Kapal Patroli KPLP
Sejumlah kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Sabtu (23/2/2019). - Antara/Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA – Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyiagakan tiga unit kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pemadaman kebakaran 16 unit (sebelumnya ada sumber yang menyebutkan 18) kapal penangkap ikan di Muara Baru, Jakarta.

Kebakaran pada Sabtu (23/2/2019) mulai pk. 15.45 itu terjadi dermaga di depan Kantor Syahbandar Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang terletak di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara.

Salah satu kapal petroli yang disiagakan Kemenhub untuk membantu pemadaman kebakaran di Muara Baru, Jakarta. - Istimewa

Melalui siaran pers, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad mengatakan bahwa kapal patroli KPLP yang disiagakan di alur masuk pelabuhan perikanan tersebut adalah KNP.356 dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dan KNP. 111 Trisula serta KNP.114 Alugara dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok.

"Kapal-kapal tersebut standby di alur masuk pelabuhan dan belum bisa mendekat ke lokasi karena pelabuhan sangat padat dengan kapal penangkap ikan yang menghindari kebakaran tersebut," ujar Ahmad.

Adapun PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II mengerahkan satu unit kapal tug boat TB. SDS 26 dari Kepanduan Pelindo II Tanjung Priok guna membantu proses pemadaman kebakaran kapal penangkap ikan tersebut.

Hingga saat ini, pemadaman terus dilakukan oleh Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara yang telah mengerahkan 20 unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh 1 unit Tug Boat TB. Antasena milik Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Sampai sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat musibah kebakaran kapal penangkap ikan tersebut," jelas Ahmad.

Sementara itu, di lokasi pelabuhan perikanan tersebut juga telah disiapkan 5 unit ambulance dan tampak terlihat 1 unit kendaraan Satpol PP dan 1 unit kendaraan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Kebakaran terjadi pada sekitar pukul 15.30 WIB dari salah satu kapal penangkap ikan dan api terus menjalar ke kapal penangkap ikan lainnya yang berdekatan sehingga sebanyak total 16 unit kapal penangkap ikan ikut terbakar di Pelabuhan perikanan yang dikelola oleh KKP.

Ahmad menyampaikan bahwa ia akan berkoordinasi dengan Syahbandar Perikanan di Pelabuhan tersebut dan juga KKP untuk memastikan langkah-langkah antisipasi agar kedepan peristiwa serupa yang menimpa kapal penangkap ikan tidak terulang kembali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kebakaran

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup