Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEBAT CAPRES PUTARAN II: Sandiaga Bocorkan Materi yang Dipaparkan Prabowo

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, membeberkan materi yang akan dibawa, Prabowo Subianto, dalam debat capres kedua.
Prabowo Subianto (bertopi)/Instagram@prabowo
Prabowo Subianto (bertopi)/Instagram@prabowo

Bisnis.com, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, membeberkan materi yang akan dibawa, Prabowo Subianto, dalam debat capres kedua.

 Dari hasil diskusi dan survei yang telah dilakukan tim internal, Sandiaga mengatakan 50 persen responden ingin mendengar program kubu 02 soal swasembada pangan, 30 persen lagi ingin mendengar soal energi.

"Ini data terakhir dari grup diskusi maupun pengambilan data sampel, di wilayah Jawa terutama. Dan sebarannya di wilayah timur dan wilayah barat," kata Sandiaga seusai lari pagi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).

Menurut Sandiaga, banyaknya responden yang ingin mendengar program swasembada pangan lantaran soal pangan selalu dikaitkan dengan mahalnya harga kebutuhan pokok dibandingkan penghasilan masyarakat.

"Jadi ini yang diharapkan, bagaimana menjaga harga stabil tetap terjangkau," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan berdasarkan diskusi tim internal, masyarakat banyak yang mempersoalkan impor. Masyarakat, kata Sandiaga, ingin impor menjadi pilihan terakhir. Atau, Sandiaga menuturkan impor hanya dilakukan jika tidak ada stok.

Untuk 30 persen responden yang ingin mendengar soal swasembada energi, menurut Sandiaga hal itu dikarenakan persoalan energi atau listrik masih berkaitan dengan persoalan infrastruktur dan lingkungan hidup.

"Negeri ini kan kaya raya sekali. Negeri ini punya potensi tenaga surya dan pembangkit tenaga air, belum dioptimalkan energi baru terbarukan. Di bawah Prabowo - Sandiaga, ini akan menjadi fokus yang sangat utama untuk menekan biaya listrik agar tidak mahal jatuhnya kepada masyarakat," tutur Sandiaga.

Berdasarkan data-data tersebut, Sandiaga meminta fokus di isu pangan dan masalah energi. Sandiaga juga menuturkan persiapan Prabowo hari ini menjelang debat. Mulai siang nanti, ia menceritakan, Prabowo akan melakoni simulasi tahap akhir di kediamannya di Kertanegara, pemantapan materi, dan pembekalan final.

Simulasi terakhir itu, Sandiaga berujar, berisi tentang tanya-jawab dimana dirinya akan berperan sebagai Joko Widodo, lawan Prabowo dalam debat nanti malam.

"Akan ada podium. Akan ada dua kursi di set seperti (venue). Kita murah meriah bikinnya di Kertanegara," ujarnya.

"Lantas kami akan doa bersama, terus berangkat ke venue di hotel Sultan. Bismillah, semoga lancar semuanya," kata Sandiaga.

Di debat Pilpres kedua ini, Prabowo akan menghadapi calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi di arena debat yang diselenggarakan di hotel Sultan, Jakarta. Adu gagasan kedua ini mengangkat tema infrastruktur, energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper