Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadiri Harlah NU ke-93, Jokowi Kembali Tegaskan Soal RUU Pesantren

Presiden Joko Widodo kembali menegaskan komitmen pemerintah dalam merealisasikan Rancangan Undang-undang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 31 Januari 2019  |  15:16 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri Pembukaan Konsolidasi Jelang Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) dalam rangka Harlah NU Ke-93 di Jakarta Convention Center, Kamis (31/1/2019). - Bisnis.com/Amanda
Presiden Joko Widodo menghadiri Pembukaan Konsolidasi Jelang Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) dalam rangka Harlah NU Ke-93 di Jakarta Convention Center, Kamis (31/1/2019). - Bisnis.com/Amanda

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo kembali menegaskan komitmen pemerintah dalam merealisasikan Rancangan Undang-undang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan.

Presiden Jokowi mengatakan komitmen tersebut termasuk mempercepat pembahasan RUU tersebut yang saat ini sudah masuk pembahasan di DPR.

"Yang terakhir saya ingin menyampaikan pemerintah terus mendorong agar rancangan UU Pondok Pesantren segera diselesaikan," katanya saat memberikan sambutan Pembukaan Konsolidasi Jelang Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) dalam rangka Harlah NU Ke-93 di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Menurutnya, payung hukum itu akan memperjelas mekanisme pemberian anggaran untuk pondok pesantren maupun pendidikan di pondok pesantren.

Seperti diketahui, pemberian anggaran bagi pondok pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan tidak termaktub dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jokowi mengungkapkan sudah saatnya pondok pesantren mendapatkan perhatian karena jumlah pondok pesantren di seluruh Indonesia mencapai 28.000.

"Kita akan menghadapi masa depan yang penuh persiangan antar negara yang semakin ketat. Yang tanpa persiapan sumber daya manusia yang baik sangatlah sulit kita bersaing dan berkompetisi," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto,

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top