Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BTP Terjun ke dunia Politik, Begini kata Pengamat

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai Basuki Tjahaja Purnama kemungkinan mempertimbangkan untuk terjun kembali ke dunia politik.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 26 Januari 2019  |  07:14 WIB
Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok jelang bebas dari Rutan Mako Brimob, Kamis (24/1) - Instagram @basukibtp
Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok jelang bebas dari Rutan Mako Brimob, Kamis (24/1) - Instagram @basukibtp

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai Basuki Tjahaja Purnama kemungkinan mempertimbangkan untuk terjun kembali ke dunia politik.

“Kita harus akui darah atau gen BTP adalah petualang politik [politics adventure] maka habitusnya tetap politisi sejati yang tak bakal trauma, tak jerah dan tak bakal pensiun dari politik praktis pasca peristiwa politik yang kemudian membuat beliau banyak belajar,” katanya dalam keterangan tertulis dikutip, Sabtu (26/1/2018).

Kenati, BTP harus belajar tak marah-marah, belajar memainkan panggung depan politik, belajar tentang sense of politics, dan harus banyak belajar lagi pendalaman semak belukar dunia politik terkini. “Saya pikir BTP sedang mempertimbangkan hal tersebut, tak menginginkan kembali terulang kasus benturan/dihadap-hadapkan antara Ahoker dan kelompok yang masih kontra,” katanya.

Dia menambahkan, BTP kemungkinan punya jalan pikiran lain, yaitu menjaga persatuan dan keutuhan bangsa lebih utama dibandingkan hanya mengedepankan kepentingan kelompok dan golongannya semata. “Nampaknya kalau kita lihat dari jauh, BTP tak mau grasak-grusuk, tergesa gesa, cooling down dulu untuk menghindari polemik dan kegaduhan baru yang potensial memicu konflik baru,” katanya.

Di sisi lain, Pangi melihat BTP mungkin barangkali belum siap menerima cawapres Jokowi yaitu Kiyai Ma’ruf Amin yang pernah menjadi saksi memberatkan Ahok pada kasus penistaan agama. Menurutnya terlihat memang belakangan Ahoker tidak bergerilya di darat, di udara dan di laut. Belum terlihat all out habis-habisan memenangkan calon presiden Jokowi-Ma’ruf.

“Sepertinya BTP berdiam dulu sejenak, tak mau ikut ikutan, menjadi bagian dan beban pada pilpres 2019, walaupun sebetulnya Jokowi dan PDIP menginginkan BTP cepat-cepat kembali menjadi petualang politik di barisan mereka,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ahok
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top