Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anekdot Pilpres, Mulai Telinga Hingga Hak Pilih

Dinamika pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan legislatif selalu menerbitkan ketegangan psikologis karena perbedaan referensi sikap politik.
Pendiri Alvara Research Center Hasanuddin Ali menyampaikan paparan hasil survei terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Jumat (11/1/2019)./ANTARA-Wahyu Putro A
Pendiri Alvara Research Center Hasanuddin Ali menyampaikan paparan hasil survei terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Jumat (11/1/2019)./ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA – Dinamika pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan legislatif selalu menerbitkan ketegangan psikologis karena perbedaan referensi sikap politik.

Ketegangan tersebut setidaknya nyata terlihat di jejaring dunia sosial. Satu pendukung dengan kelompok lain saling mengunggulkan calon masing-masing. Adu tuding, saling ejek, saling caci kerap mengemuka.

Fenomena tersebut sebenarnya cukup aneh. Setidaknya bila merujuk logika bahwa memilih itu merupakan hak dan beda pilihan sesuatu yang alami. Lantas kenapa berbeda menjadi sumber konflik?

Dosen Filsafat UIN Sunan Kalijaga Fahruddin Faiz pada suatu video menjelaskan anekdot tokoh filsafat Yunani kuno yang hidup sekitar empat abad sebelum masehi, bernama Diogenes.

Suatu hari Diogenes ditanya: "apa bedanya hidup dan mati?"

"Tidak ada bedanya," jawab Diogenes.

"Lalu, mengapa kamu memilih hidup."

"Karena tidak ada bedanya."

Anekdot di atas relevan dengan kondisi saat ini. Faiz mengatakan,"Hari ini kita bilang mau milih siapa saja boleh-boleh saja. Sah-sah saja."

"Lha kok kamu marah temenmu memilih yang beda sama kamu."

"Kamu bilang calon A punya hak, calon B punya hak. Kok kamu marah berbeda. Situasi hari ini pas dengan anekdot Diogenes."

Faiz menjelaskan Diogenes yang dikenal dengan sinisisme (pandangan kritis terhadap kondisi zamannya hidup) juga memiliki beberapa pemikiran hikmah.

"Kita punya dua telinga dan satu mulut sehingga kita bisa mendengar lebih banyak dan bicara lebih sedikit."

Pernyataan itu, menurut Faiz, bila ditarik ke konteks yang lebih luas, manusia harusnya lebih bisa memahami pandangan orang lain. Terutama bila dibandingkan dengan keinginan memaksakan pandangan atau pendapatnya sendiri.

"Kesediaan kita memahami orang lain bukan dalam [unjuk] kekuatan, kemauan kita untuk meyakinkan orang lain tentang kebenaran kita," jelasnya.

Sementara kantor berita Antara melaporkan, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono mengingatkan masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan untuk tetap menjaga kondusivitas di wilayahnya masing-masing menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

"Kami minta beda pilihan jangan sampai memutuskan tali silaturahmi. Kami terus mendatangi semua wilayah (kabupaten/kota)," katanya usai acara tablig akbar " Untaian Doa untuk Indonesia" di Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung, Kabupaten Batang, Selasa (15/1/2019).

Kehadiran Kapolda Jateng dan Kepala Staf Kodam IV/Diponegoto Brigadir Jenderal TNI Teguh Angkasa ini disambut ribuan warga yang terdiri atas para santri, organisasi kemasyarakatan, dan anggota Polres Batang, serta Kodim 0736 Batang.

Ia mengatakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus dapat dijaga bersama karena keberadaan negara Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, dan etnis.

"Kebersamaan ini harus kita jaga bersama, jangan sampai ada perpecahan meski (sebentar lagi) akan dilaksanakan pesta demokrasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Bisnis & Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper