Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Talaud Tetap Beraktivitas Normal Pascagempa Magnitudo 7,1

Masyarakat di Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara masih beraktivitas seperti biasa pascagempa berkekuatan magnitudo 7,1 terjadi pada Sabtu (29/12/2018).
Ilustrasi gempa./Reuters
Ilustrasi gempa./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Masyarakat di Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara masih beraktivitas seperti biasa pascagempa berkekuatan magnitudo 7,1 terjadi pada Sabtu (29/12/2018).
 
Staf Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kep. Talaud yang bertugas di Pulau Miangas, Sepno Lantaa, mengatakan masyarakat tetap beraktivitas dengan normal. 
 
Nelayan pun tetap melaut seperti biasa. Kondisi laut disebut normal, yakni tidak terjadi surut air laut maupun gelombang pasang.
 
"Masih normal-normal saja, tidak terpengaruh, kondisi laut masih seperti biasa," ujarnya, seperti dilansir Antara.
 
Meski guncangan akibat gempa terasa kuat selama beberapa saat, tapi Sepno menyatakan tidak ada rumah warga yang rusak. Masyarakat pun tidak ada yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.
 
Gempa ini berpusat di tenggara Filipina dan diakibatkan oleh subduksi lempeng Laut Filipina yang menghunjam ke bawah Pulau Mindanao. Di Indonesia, gempa tersebut terutama dirasakan di Melonguane, Kabupaten Kep. Talaud, dalam skala intensitas IV Modified Mercalli Intensity (MMI).
 
Gempa juga turut dirasakan di daerah Tahuna, Kabupaten Kep. Sangihe, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai, Manado, Ternate, dan Jailolo. 
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kep. Sangihe dan Kep. Talaud untuk tetap tenang serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper