Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanah di Jalan Raya Gubeng Mudah Longsor

Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya menyatakan karakter tanah di Jalan Raya Gubeng yang ambles pada Selasa (18/12)/2018 malam, memiliki konstruksi mudah longsor.
Jalan Gubeng di Surabaya mbles pada Selasa (18/12/2018)/Antara
Jalan Gubeng di Surabaya mbles pada Selasa (18/12/2018)/Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya menyatakan karakter tanah di Jalan Raya Gubeng yang ambles pada Selasa (18/12)/2018 malam, memiliki konstruksi mudah longsor.

Kepala Bidang Pelayanan dan Perizinan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Ali Murtado di Surabaya, Rabu (19/12/2018), mengatakan tanah di Jalan Raya Gubeng masuk karakteristik aluvial kelabu tua dengan kandungan air lumayan.

"Karakteristik itu sudah tertuang dan terpenuhi dalam dokumen perizinan," ujarnya saat meninjau lokasi Jalan Gubeng yang ambles.

Diketahui kategori alivial kelabu tua merupakan tanah endapan dibentuk dari lumpur dan pasir halus yang mengalami erosi tanah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Eko Agus Supiadi memastikan izin Amdal lingkungan sudah terpenuhi semua.

 "Secara administrasi sudah semua. Persyaratan pembangunan sudah terpenuhi," ujarnya.

Ia menyebutkan dalam pembangunan konstruksi basement pengembangan Rumah Sakit Siloam sudah memenuhi beberapa syarat, di antaranya adanya dinding penyangga dan tanggul yang harus dibuat untuk mengantisipasi terjadinya longsor.

Sebab, lanjut dia tanah di sekitar bangunan memang memiliki karakteristik mudah longsor.

"Dalam kelengkapan dokumen sudah dilengkapi, syarat penyangga dinding dan tanggul juga tertuang. Sudah oke. Semua sudah diantisipasi termasuk kemungkinan longsor," katanya.

Sejauh ini, Eko mengaku masih belum mengetahui lebih jauh penyebab longsor, dikarenakan hujan ataukah kesalahan konstruksi.

Untuk itu, tambahnya pihaknya menunggu tim ahli untuk mengetahui penyebab pastinya.

"Yang jelas secara administrasi dan teknis sudah dilakukan semua persyaratannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper