Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai 2019, Ridwan Kamil Undang Warga Jabar untuk 'Curhat' ke Kantor

Per Januari mendatang, Gubernur Jabar Ridwan Kamil berencana menggelar program rutin mendengar langsung aspirasi warga.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. JIBI/BISNIS/Wisnu Wage
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. JIBI/BISNIS/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Per Januari 2019, Gubernur Jabar Ridwan Kamil berencana menggelar program rutin mendengar langsung aspirasi warga.
 
Ridwan Kamil mengatakan dia menyiapkan program Tepas Jabar atau Temu Pemimpin untuk Aspirasi Jabar yang akan digelar dalam seminggu sekali.

“Jadi saya seminggu sekali akan mendengarkan curhat warga mereka boleh datang ke Gedung Sate atau ke Gedung Pakuan difasilitasi humas,” kata Ridwan Kamil, Selasa (18/12/2018).
 
Temu warga dengan dirinya tersebut akan dibalut dengan tema yang terarah. Dia mencontohkan, pada minggu pertama akan membahas curhatan warga soal infrastruktur, dan tema yang berbeda pada pekan berikutnya.
 
“Nanti saya panggil dinas sesuai dengan tema curhatannya. Ini untuk menunjukkan kedekatan pemimpin dengan warga secara fisik tidak hanya secara digital,” tuturnya.
 
Rencananya warga yang hadir pun akan dipilih dan menempuh prosedur khusus yang dirancang humas. Dia juga mengaku kemungkinan bisa saja ada undian jika animo warga yang datang tinggi. Namun, Ridwan Kamil memastikan peserta acara ini harus dibatasi.

“Warga dipilih dan ada prosedur yang harus disiapkan. Kalau banyak , ya diundi atau bagaimana karena gak bisa terlalu banyak juga,” kata Ridwan Kamil.
 
Saat ditanya kenapa tidak memilih blusukan sebagai pola komunikasi langsung dengan warga, Ridwan Kamil  berkilah ingin menjadikan kantor pemerintahan dan rumah dinas sebagai ruang yang bisa diakses publik.
 
“Kadang kan mereka ingin melihat Gedung Sate-nya, ke Pakuan. Nanti  difasilitasi transportasinya oleh tim. Karena saya kan tidak setiap minggu berada di kota yang saya mau dengan segala aktivitas. Sebenarnya cukup digital, tapi ingin memenuhi kerinduan secara fisik,” paparnya.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper