Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Y-Publica: Kepuasan Masyarakat atas Kinerja Jokowi-JK Menurun

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla cenderung menurun dalam dua bulan terakhir.
Kabinet Kerja Jokowi-JK/Antara
Kabinet Kerja Jokowi-JK/Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla cenderung menurun dalam dua bulan terakhir.

Berdasarkan survei Y-Publica, publik yang senang dengan kinerja pemerintah merosot menjadi 70,9% dari 72,2% dibandingkan Oktober lalu.

Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono mengatakan bahwa penurunan tingkat kepuasan disebabkan pelaksanaan pemilihan umum yang semakin dekat.

“Di satu sisi pemerintah banyak tersisa waktunya untuk kampanye, di sisi lain serangan dari oposisi sangat gencar mengkritik kinerja pemerintah,” katanya di Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Rudi menjelaskan bahwa publik mengapresiasi capaian pemerintah di sektor infrastruktur sebesar 78,1%.

Sementara itu ada dua bidang yang mendapat apresiasi di bawah 50% yakni penciptaan lapangan kerja dan pemenuhan kebutuhan dasar. Masing-masing mendapat 47,2% dan 47,5%.

“Pemberantasan korupsi mendapat kepuasan 74,8%, hubungan luar negeri 72,2% penegakan hukum 71,5% dan pendidikan 72,1%. Bidang kesehatan yang sebelumnya turun mulai meranjak ke 60,4%,” ucap Rudi.

Dia menuturkan bahwa pekerjaan rumah yang masih menjadi perhatian utama responden adalah masalah ekonomi.

“Dua persoalan teratas ekonomi adalah harga kebutuhan dasar atau hidup 29,3% dan lapangan pekerjaan 20,4%. Persoalan lainnya adalah korupsi 12,2%, kesenjangan sosial 8,9%, perumahan rakyat 7,4%, kesehatan 7,1%, biaya pendidikan 6,6%, dan bencana alam 3%,” ungkapnya.

Survei Y-Publica dilakukan dari 20 November hingga 4 Desember dengan total responden sebanyak 1.200 orang. Survei menggunakan metode acak bertingkat, tingkat kesalahan 2,98% dan kepercayaan 95%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper