Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dubes Rusia Sebut Indonesia Tertarik Dengan Uni Ekonomi Eurasia

Indonesia tertarik mengembangkan kerja sama ekonomi dengan organisasi kerja sama Uni Ekonomi Eurasia atau EAEU. Hal itu dikatakan Duta Besar Rusia untuk Asean Alexander Ivanov dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (30/11/2018).
Peta Kawasan Ekonomi Eurasia/eurasiancommission.org
Peta Kawasan Ekonomi Eurasia/eurasiancommission.org

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia tertarik mengembangkan kerja sama ekonomi dengan organisasi kerja sama Uni Ekonomi Eurasia atau EAEU.

Hal itu dikatakan Duta Besar Rusia untuk Asean Alexander Ivanov dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Ivanov mengungkapkan kerja sama ekonomi dimaksud dikembangkan melalui mekanisme kawasan perdagangan bebas.

"Sejumlah negara Asean seperti Singapura, Thailand, Kamboja, dan Indonesia tertarik membuat kesepakatan perdagangan bebas dengan organisasi kerja sama Uni Ekonomi Eurasia," ujar Ivanov.

Ivanov mengatakan Rusia melalui organisasi kerja sama EAEU membuat kesepakatan perdagangan bebas dengan Vietnam pada 2016.

Nilai perdagangan antara kedua pihak meningkat 40% sejak kesepakatan itu dibuat.

Melihat hal tersebut, ia mengharapkan negara anggota Asean lainnya dapat mengikuti jejak Vietnam mengingat potensi keuntungan yang bisa dihasilkan.

Ia juga mengatakan pemerintah Singapura bersama Komisi Ekonomi Eurasia (EEC) pada 2016 menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang integrasi ekonomi dan pengurangan hambatan perdagangan.

Kemudian pada Oktober 2016, lanjut Ivanov, Singapura dan EEC membentuk kelompok kerja untuk mempelajari mekanisme perdagangan bebas antara kedua belah pihak.

Kamboja dan Thailand juga telah menandatangani MoU dengan EEC untuk meningkatkan volume perdagangan dan kerja sama ekonomi.

"Saat KTT Asean-Rusia di Singapura pada November lalu, Asean dan Rusia melalui Komisi Ekonomi Eurasia menandatangi MOU tentang kerja sama ekonomi," ujar dia.

Dalam waktu dekat, ungkap dia, Rusia dan Asean akan menyelenggarakan lokakarya bertema "Regional Economic Integration in the Eurasian Economic Union (EAEU) and Asean".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper