Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok akan Bergabung ke PDI Perjuangan

Isu soal Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok untuk bergabung dengan partai politik terkonfirmasi sudah setelah dirinya menjatuhkan pilihan pada PDI Perjuangan.
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/Instagram@basukibtp
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/Instagram@basukibtp

Bisnis.com, JAKARTA—Isu soal Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok untuk bergabung dengan partai politik terkonfirmasi sudah setelah dirinya menjatuhkan pilihan pada PDI Perjuangan.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat mengatakan kepada wartawan bahwa mantan gubernur DKI Jakarta itu akan bergabung dengan PDIP jika kembali ke dunia politik. Pernyataan itu diungkapkan Djarot dalam satu acara konsolidasi pemenangan Pemilu 2019, Senin (27/11).

Djarot mengaku baru bertemu dengan Ahok dan dalam pertemuan keduanya dan dalam pertemuan itu mengatakan kalau dirinya pasti masuk PDI-Perjuangan.

Ahok, kata dia, berharap para pendukungnya untuk tidak golput dalam Pemilu 2019 dan memilih PDIP serta pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Djarot mengaku turut merasakan derita yang dialami Ahok ketika diserang soal isu agama, karena setelah Ahok dipenjara dan Djarot naik posisi menjadi gubernur, dirinya merasakan hal sama.

Menurut Djarot, Pemilu 2019 adalah momen penting, bukan sekadar memenangkan Jokowi-Ma'ruf dan PDI Perjuangan di pemilu legislatif, melainkan juga terdapat perang ideologi.

"Pemilu 2019 itu persoalan masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia, masa depan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika," ujar Djarot.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan hukuman dua tahun penjara karena terbukti melakukan penistaan agama. Sejak Mei 2017, Ahok ditahan Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Ahok diperkirakan akan bebas pada Januari 2019 karena selama menjalani masa hukuman Ahok mendapatkan remisi. Ahok memiliki kesempatan untuk mengajukan pembebasan bersyarat tapi Ahok tidak menggunakannya dan memilih bebas murni.

Pada Juli 2018, Ahok sempat menyampaikan dukungannya kepada Jokowi yang akan maju kembali dalam kontes Pilpres 2019 mendatang.

Ahok dalam selembar kertas yang fotonya diunggah oleh adiknya, Fifi Lety Tjahaja Purnama, di akun instagram menyampaikan salam dua periode untuk Jokowi.

"Terus berjuang Pak Jokowi dua periode salam BTP," tulis Ahok. Ahok dan Jokowi pernah sama-sama memimpin Jakarta pada 2012 silam sebelum kemudian pada 2014 Jokowi melenggang ke istana setelah terpilih menjadi Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper