Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ahok akan Bergabung ke PDI Perjuangan

Isu soal Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok untuk bergabung dengan partai politik terkonfirmasi sudah setelah dirinya menjatuhkan pilihan pada PDI Perjuangan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 27 November 2018  |  15:52 WIB
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Instagram@basukibtp
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - [email protected]

Bisnis.com, JAKARTA—Isu soal Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok untuk bergabung dengan partai politik terkonfirmasi sudah setelah dirinya menjatuhkan pilihan pada PDI Perjuangan.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat mengatakan kepada wartawan bahwa mantan gubernur DKI Jakarta itu akan bergabung dengan PDIP jika kembali ke dunia politik. Pernyataan itu diungkapkan Djarot dalam satu acara konsolidasi pemenangan Pemilu 2019, Senin (27/11).

Djarot mengaku baru bertemu dengan Ahok dan dalam pertemuan keduanya dan dalam pertemuan itu mengatakan kalau dirinya pasti masuk PDI-Perjuangan.

Ahok, kata dia, berharap para pendukungnya untuk tidak golput dalam Pemilu 2019 dan memilih PDIP serta pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Djarot mengaku turut merasakan derita yang dialami Ahok ketika diserang soal isu agama, karena setelah Ahok dipenjara dan Djarot naik posisi menjadi gubernur, dirinya merasakan hal sama.

Menurut Djarot, Pemilu 2019 adalah momen penting, bukan sekadar memenangkan Jokowi-Ma'ruf dan PDI Perjuangan di pemilu legislatif, melainkan juga terdapat perang ideologi.

"Pemilu 2019 itu persoalan masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia, masa depan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika," ujar Djarot.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan hukuman dua tahun penjara karena terbukti melakukan penistaan agama. Sejak Mei 2017, Ahok ditahan Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Ahok diperkirakan akan bebas pada Januari 2019 karena selama menjalani masa hukuman Ahok mendapatkan remisi. Ahok memiliki kesempatan untuk mengajukan pembebasan bersyarat tapi Ahok tidak menggunakannya dan memilih bebas murni.

Pada Juli 2018, Ahok sempat menyampaikan dukungannya kepada Jokowi yang akan maju kembali dalam kontes Pilpres 2019 mendatang.

Ahok dalam selembar kertas yang fotonya diunggah oleh adiknya, Fifi Lety Tjahaja Purnama, di akun instagram menyampaikan salam dua periode untuk Jokowi.

"Terus berjuang Pak Jokowi dua periode salam BTP," tulis Ahok. Ahok dan Jokowi pernah sama-sama memimpin Jakarta pada 2012 silam sebelum kemudian pada 2014 Jokowi melenggang ke istana setelah terpilih menjadi Presiden.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip ahok
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top