Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalur Bandung-Cianjur Terisolasi, Longsor di Naringgul belum Dibersihkan

Jalan raya Bandung-Cianjur selatan, Jawa Barat, masih terisolasi karena hingga petang hari ini alat berat dari dinas terkait belum sampai ke lokasi di Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul yang tertutup longsor sepanjang 20 meter.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 November 2018  |  20:50 WIB
Jalur Bandung-Cianjur Terisolasi, Longsor di Naringgul belum Dibersihkan
Bagikan

Bisnis.com, CIANJUR – Jalan raya Bandung-Cianjur selatan, Jawa Barat, masih terisolasi karena hingga petang hari ini alat berat dari dinas terkait belum sampai ke lokasi di Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul yang tertutup longsor sepanjang 20 meter.

Aparat setempat dibantu warga dan ormas kepemudaan, berusaha menyingkirkan material longsor dengan alat seadanya, namun tebalnya tanah disertai batu dan batang pohon yang tumbang membuat upaya tersebut tidak berjalan dengan baik.

"Sampai sore menjelang malam, baru sepeda motor yang bisa melintas setelah aparat, warga dan ormas kepemudaan berhasil mengikis dinding tebing yang ambruk, untuk dibuat jalan yang dapat dilintasi kendaraan dan pejalan kaki, " kata Jajang (40) warga sekitar saat dihubungi Antara, Minggu (11/11/2018).

Dia menuturkan hingga petang puluhan kendaraan roda empat yang membawa hasil bumi untuk dijual ke Bandung terpaksa memutar arah ke Cianjur karena jalur tersebut belum dapat dilalui. Bahkan menjelang malam roda dua pun dilarang melintas guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Sejak sore hujan kembali turun dengan deras, sehingga warga diimbau untuk tidak melintas meskipun sudah dapat dilalui kendaraan roda dua karena takut longsor susulan terjadi. Sampai sore belum Ada alat berat sampai ke lokasi," katanya.

Sementara itu Kementerian PUPR PJN V Jawa Barat, Herry S menjelaskan, pihaknya mendapat laporan dari warga dan anggota Polsek Naringgul, terkait longsor di wilayah Naringgul yang menutup puluhan meter jalan nasional.

"Kami sudah sudah meminta bantuan agar segera menurunkan alat berat. Rencananya siang tadi alat berat sudah dikirimkan untuk menyingkirkan material longsor," katanya.

Pihaknya menargetkan upaya untuk membuka jalan tersebut dapat dilakukan dengan cepat karena jalur tersebut merupakan akses utama antar kabupaten Bandung dan Cianjur Selatan.

"Semoga evakuasi dapat dilakukan dengan cepat karena jalur tersebut akses perekonomian warga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cianjur

Sumber : Antara

Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top