Kemendikbud Siapkan DAK Kebudayaan Senilai Rp400 Miliar Tahun Depan

Dana tersebut ditujukan sebagai dana pemeliharaan dan pengembangan warisan budaya bangsa di daerah.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 25 Oktober 2018 11:35 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjawab pertanyaan anggota Komisi X DPR dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/6). - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan akan menyediakan Dana Alokasi Khusus bidang kebudayaan senilai Rp400 miliar, tahun depan.

Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut ditujukan sebagai dana pemeliharaan dan pengembangan warisan budaya bangsa di daerah.

"Mulai tahun depan akan ada Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kebudayaan. Dengan itu, masing-masing daerah punya ruang yang lumayan untuk menanggani kebudayaan dengan sungguh-sungguh. Nanti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang siapkan petunjuk teknis penggunaan DAK-nya," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam jumpa media "4 Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla", di Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018). 

Dia mengungkapkan besaran DAK akan diupayakan agar bertambah menjadi sekitar Rp1 triliun.

Terkait program kebudayaan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbud telah memperkenalkan platform Indonesiana. Platform ini dibangun untuk konsolidasi peningkatan standar tata kelola kegiatan budaya dan manajemen penyelenggaraan kegiatan budaya di tingkat lokal, contohnya dalam hal penyelenggaraan festival di daerah.

Dengan platform ini, kapasitas daerah dalam mengembangkan kegiatan budaya diharapkan meningkat, utamanya di bidang kuratorial dan produksi; publikasi dan kehumasan; kerja sama dan pendukungan; serta pengelolaan pengetahuan.

Tercatat ada 13 festival di 9 wilayah yang tergabung dalam platform Indonesiana, yakni:
1. International Gamelan Festival 2018 di Surakarta
2. Festival Kampung Adat
3. Foho Rai
4. Fulan Fehan di Nusa Tenggara Timur (NTT)
5. Festival Vula Dongga
6. Palu Salonde Percussion
7. Festival Bunyi Bungi yang bergabung dengan tajuk Gaung Sintuvu di Palu, Parigi Moutong, Sigi, Poso di Sulawesi Tengah
8. Silek Arts Festival di Padang, Padang Pariaman, Payakumbuh, Solok, Sawahlunto, Tanah Datar, Bukit Tinggi, Sumatera Barat
9. Festival Budaya Saman di Kabupaten Gayo Lues, Aceh
10. Festival Seni Multatuli di Lebak, Banten
11. Cerita dari Blora di Kabupaten Blora, Jawa Tengah
12. Amboina International Bamboowind Music Festival di Maluku
13. Festival Tenun Nusantara di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara
 

Tag : kemendikbud
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top