JK Bertemu Komisioner Uni Eropa, Perdagangan Sawit Dibahas

Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Pertama Komisi dan Komisioner Uni Eropa, Frans Timmermans di sela-sela KTT Asia-Eropa Ke-12 (ASEM12)
Lingga Sukatma Wiangga | 19 Oktober 2018 14:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Pertama Komisi dan Komisioner Uni Eropa, Frans Timmermans di sela-sela KTT Asia-Eropa Ke-12 (ASEM12). 

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang hubungan ekonomi antara Uni Eropa dengan Indonesia. 

"Kita dengan Uni Eropa membicarakan tentang hubungan ekonomi yang membahas masalah CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) dan juga masalah-masalah tentang perdagangan, perdagangan sawit dan segala macamnya," katanya dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Wakil Presiden RI, Jumat (19/10).

Menurut Jusuf Kalla atau JK, terkait sawit sebenarnya bukan saja Indonesia yang membutuhkan Eropa, tapi juga sebaliknya.

Oleh karena itu, dalam situasi saling membutuhkan tersebut Asia dengan Eropa harus bekerjasama. 

"Karena Amerika, tahu sendiri kan, sulit untuk diterka, sudah terlalu banyak ketentuan dan juga Eropa mengalami hal yang sama. Karena itu maka kita berbicara bahwa hubungan kita dengan Eropa harus lebih baik dengan Asia ini," ujarnya.

Setelah pertemuan tersebut, JK pun bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipars. Tujuannya sama, yakni membahas kerjasama ekonomi.

Dalam kedua pertemuan itu,  JK didampingi Wakil Menteri Luar Negeri Muhammad Fachir dan Kepala Sekretariat Wapres Muhammad Oemar.

Tag : uni eropa, Wapres JK
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top