Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daniel Zhang Ditunjuk Jadi Pengganti Jack Ma

Pengusaha terkaya di China Jack Ma mengumumkan bahwa Daniel Zhang yang sebelumnya telah menduduki salah satu jabatan puncak di perusahaan Alibaba akan menjadi pengganti dirinya .
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 September 2018  |  10:00 WIB
Daniel Zhang - Reuters
Daniel Zhang - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA—Pengusaha terkaya di China Jack Ma mengumumkan bahwa Daniel Zhang yang sebelumnya telah menduduki salah satu jabatan puncak di perusahaan Alibaba akan menjadi pengganti dirinya .

Ma telah mempersiapkan beberapa hal selama masa transisi seperti calon penggantinya di masa mendatang. Satu tahun terhitung hari ini, (10/9) Ma akan resmi pensiun dan Daniel Zhang akan maju sebagai penggantinya.

Ma akan menyelesaikan masa jabatannya di dewan direksi Alibaba setelah rapat umum tahunan perusahaan pada 2020.

Dia melepaskan peran kepala eksekutif pada 2013. Sedangkan Zhang telah bekerja sejak 2015 dan menjabat sebagai Chief Operating Officer. 

Keputusan besar Ma ini diambil bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-54. Ma nantinya akan mendedikasikan lebih banyak waktu dan uang untuk membangun yayasan filantropinya yang bergerak di bidang pendidikan sebagaimana dikutip Reuters, Senin (10/9). 

Ma akan lebih fokus pada The Jack Ma Foundation yang dia dirikan empat tahun silam. 

The Jack Ma Foundation yang berdiri 2014 didedikasikan untuk meningkatkan sistem pendidikan China, khususnya di daerah pedesaan. Tahun lalu mereka menjanjikan 300 juta yuan atau setara dengan US$45 juta untuk mendanai program pelatihan guru selama satu dekade berikutnya, dengan tujuan untuk mengakhiri kemiskinan di daerah pedesaan.

"Saya pikir suatu hari nanti, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jack ma
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top