Tak Mundur dari Ketua Umum MUI, Ma’ruf Amin Pilih Nonaktif

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin memilih non aktif dari jabatannya. Keputusan tersebut untuk menjaga independensi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dari dinamika politik praktis.
Muhammad Ridwan | 28 Agustus 2018 19:27 WIB
Calon presiden petahana Joko Widodo (kedua kiri) bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan), Ketua Umum Partai Golkar Airangga Hartarto (kiri) dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) berdoa sebelum berangkat menuju KPU di Jakarta, Jumat (10/8/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin memilih non aktif dari jabatannya. Keputusan tersebut untuk menjaga independensi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dari dinamika politik praktis.

"Sejak ditetapkan sebagai Cawapres oleh KPU, beliau sudah berketetapan non aktif dari Ketua Umum. Sikap itu ditegaskan lagi oleh Kiai, tadi," ungkap Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dari keterangan resmi yang dihimpun, Selasa (28/8/2018).

Lebih lanjut, kepemimpinan MUI akan diemban oleh dua Wakil Ketua Umum yakni Prof Dr Yunahar Ilyas dan Zainut Tauhid Sa'adi.

"Jadi roda organisasi tetap berjalan normal seperti biasa, meski Ketum kita non aktif," pungkasnya.

Sementara itu, menanggapi keputusan KH Ma'ruf tersebut, Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas mengapresiasi langkah yg diambil oleh alumni Pesantren Tebu Ireng itu.

"Sebenarnya tidak ada aturan organisasi yg mengharuskan beliau non aktif selama masa pencalonan. Namun dengan kearifannya, beliau melakukan itu," ujarnya.

Anwar Abbas mengatakan agar keputusan yang diambil KH Ma’ruf Amin diharapkan bisa menjadi teladan yang baik bagi seluruh jajaran pengurus MUI di berbagai tingkatan.

Tag : Pilpres 2019
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top