Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INFO HAJI: Mulai Pulang ke Indonesia, Jemaah Wafat 184 Orang

Memasuki fase pemulangan jemaah haji ke Indonesia setelah tahapan Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) usai, jumlah jemaah haji yang wafat mencapai 184 orang.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 27 Agustus 2018  |  20:35 WIB
Prosesi ibadah haji. - Reuters
Prosesi ibadah haji. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki fase pemulangan jemaah haji ke Indonesia setelah tahapan Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) usai, jumlah jemaah haji yang wafat mencapai 184 orang.

Jemaah yang wafat tersebut terdiri atas 175 jemaah haji reguler dan 9 jemaah haji khusus. Data tersebut per Senin (27/8/2018) Agustus 2018 pukul 13.00 WIB.

Tahap fase kepulangan jemaah haji diawali dengan pelepasan 455 jemaah Debarkasi Palembang yang berasal dari kloter PLM-001.

Mereka dilepas oleh Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali, dan Inspektur Jenderal Kemenag Nur Kholis Setiawan.

Hari pertama kepulangan jemaah diikuti 15 kloter atau 6.026 jemaah. Untuk PLM-001 akan diterbangkan Senin (27/08) pukul 08.15 waktu Arab Saudi (WAS) dan dijadwakan tiba di Tanah Air pukul 21.55 WIB, disusul Kloter 1 Debarkasi Surabaya pada pukul 09.45 WAS yang membawa 450 jemaah.

Selanjutnya, menyusul penerbangan Kloter 1 Debarkasi Jakarta-Bekasi pada 10.05 WAS dan Kloter 1 Debarkasi Padang pada pukul 11.20 WAS. Hari perdana kepulangan gelombang pertama ditutup Kloter 13 Debarkasi Solo yang terbang dari Jeddah pukul 22.05 WAS.

Seluruh jemaah kloter gelombang pertama, sebagaimana dilansir website resmi Kementerian Agama, akan diterbangkan kembali ke Tanah Air melalui Bandara King Abdulaziz Jeddah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji

Sumber : Kemenpora.go.id

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top