Beredar Kabar Gempa Besar Bakal Terjadi, BNPB: Jangan Percaya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana kembali meminta masyarakat untuk tidak mempercayai kabar akan terjadinya gempa di Jakarta dan Jawa Barat dalam waktu dekat.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 25 Agustus 2018  |  11:36 WIB
Beredar Kabar Gempa Besar Bakal Terjadi, BNPB: Jangan Percaya
Sejumlah warga berada di tenda pengungsian pascagempa di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB, Senin (20/8). Pascagempa bumi yang berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang Lombok pada Minggu malam pukul 22.56 Wita mengakibatkan sejumlah rumah di daerah tersebut roboh dan puluhan warga mengungsi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana kembali meminta masyarakat untuk tidak mempercayai kabar akan terjadinya gempa di Jakarta dan Jawa Barat dalam waktu dekat.
 
Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kabar mengenai akan terjadinya megathrust di Pulau Jawa, khususnya Jakarta, dengan kekuatan mencapai 8,9 SR adalah hoaks. 
 
BNPB juga menyatakan kabar bahwa akan ada gempa bumi sebesar 8 SR dan PT PLN (Persero) sudah memasang perangkat deteksi dini gempa adalah tidak benar.
 
"Peringatan akan terjadi gempa di Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) adalah hoax. Jangan percaya dan jangan resah. Tak ada satu negara dan organisasi resmi di dunia yang mampu memprediksi gempa secara pasti. Jika menerima informasi semacam ini, abaikan. Jangan ikut menyebarkan. Segera hapus," tegasnya dalam akun Twitter resminya, Sabtu (25/8/2018).
 
Sutopo menyertakan screenshot pesan yang berisi peringatan agar warga Jabar bersiaga untuk dua hari ke depan sejak Jumat (24/8) karena menurut ramalan akan ada gempa besar. 
 

Isu mengenai prediksi akan terjadi gempa besar marak beredar di masyarakat, salah satunya melalui media sosial, terutama sejak serangkaian gempa berlangsung di kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB). Seperti diketahui, Lombok, NTB diguncang gempa pada akhir Juli 2018 dan hingga kini masih terus terjadi gempa susulan. 
 
Gempa juga sempat terjadi di beberapa daerah lain seperti Nias, Maluku, dan Papua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gempa, bnpb

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top