Gempa Susulan 7 SR Guncang Lombok, Pesawat Hercules Disiapkan

Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia disiapkan untuk mengangkut bantuan akibat gempa susulan7 Skala Richter (SR) yang mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (20/8/2018) malam.
Muhammad Ridwan | 20 Agustus 2018 01:45 WIB
Warga membuat tenda dan memilih tetap berada di luar rumah pascagempa di Ampenan, Mataram, NTB, Minggu (19/8/2018). Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter kembali mengguncang Lombok pada Minggu malam pukul 22.56 Wita yang berpusat di timur laut Lombok Timur pada kedalaman 10 km. - Antara/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA – Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia disiapkan untuk mengangkut bantuan akibat gempa susulan7 Skala Richter (SR) yang mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (20/8/2018) malam.

Willem Rampangilei, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah berkoodinasi dengan Panglima TNI terkait dengan pengiriman bantuan logistik dan peralatan menyusul gempa 7 SR yang terjadi Minggu (19/8/2018) malam.

Pesawat-pesawat Hercules TNI di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Lanud Abdurahman Saleh di Malang, Jawa Timur, disiapkan untuk mengangkut bantuan.

“Demikian juga kapal KRI jika diperlukan,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resmi pada Senin (20/8/2018) dini hari.

BNPB juga berkoordinasi dengan Kementerian BUMN untuk lebih meningkatkan operasi pasar beras dan memenuhi berbagai kebutuhan dasar di wilayah gempa.

Sebelumnya gempa bumi dengan kekuatan 7 SR kembali mengguncang Lombok dan daerah sekitarnya. Guncangan gempa dirasakan keras Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Lombok Barat, dan Kota Mataram selama 5 hingga 10 detik.

Guncangan gempa juga dirasakan sedang di Bali seperti di Jembrana, Kota Denpasar, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Kulungkung dan Buleleng selama 5-10 detik. Gempa juga dirasakan ringan di Jawa Timur bagian timur dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Tag : gempa lombok
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top