Jelang Pemilu 2019, MUI Imbau Jaga Ukhuwah Islamiah

Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengimbau agar umat Islam menjaga ukhuwah Islamiah dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.
Lingga Sukatma Wiangga | 06 Agustus 2018 18:25 WIB
Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menyampaikan sikap terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purmana atau Ahok, di Jakarta, Rabu (9/11). - Antara/Puspa Perwitasari

Kabar24.com, JAKARTA — Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengimbau agar umat Islam menjaga ukhuwah Islamiah dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin mengatakan jangan sampai perbedaan aspirasi dalam pemilu membuat retak hubungan umat.

“Janganlah sampai perbedaan aspirasi, kepentingan, termasuk calon dalam pilpres itu berbeda, tapi kemudian membawa rusak ukhuwah islamiah. Kami tekankan karena ini pesan dari pertimbangan MUI,” katanya, Senin (6/8/2018).

Oleh karena itu, kata dia, umat Islam jangan saling menafikan atau meniadakan. Jangan sampai konsep keumatan disempitkan atau direduksi.

Dia mengatakan umat Islam di Indonesia mencapai 220 juta jiwa dan tidak semua berada di partai-partai Islam dan bahkan menyebar di banyak partai politik.

“Oleh karena itu, agar umat Islam tidak terjebak pada pandangan dikotomis, yang kemudian muncul dalam klaim ini lah jalan keislaman, ini lah jalan yang harus ditempuh satu-satunya. sementara jalan politik itu adalah jalan yang terbuka,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mui, Pemilu 2019, Pilpres 2019

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top