Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Riau Selama Juli 2018 Capai 0,31%. Tiket Penerbangan Jadi Pendorong

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau merilis, angka inflasi daerah itu sebesar 0,31% pada Juli. Kontribusi terbesar berasal dari kenaikan tarif angkutan udara.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Pusat Statistik Provinsi Riau merilis, angka inflasi daerah itu sebesar 0,31% pada Juli. Kontribusi terbesar berasal dari kenaikan tarif angkutan udara.

Kepala BPS Riau Aden Gultom mengatakan angka inflasi Riau 0,31% selama Juli, sehingga inflasi tahun kalender atau Januari-Juli sebesar 1,49%.

"Sementara untuk inflasi tahunan atau Juli 2017 - Juli 2018 Riau sebesar 3,15%," kata Aden, Rabu (1/8/2018).

Aden mengatakan bila dibandingkan nasional dan target tahunan, angka inflasi Riau selama Juli masih rendah atau dalam kondisi terkendali.

Beberapa komoditas utama pendorong inflasi Riau menurut BPS yaitu tarif angkutan udara, harga daging ayam ras, jengkol, telor ayam, ayam hidup, hingga nasi dengan lauk pauk.

Soal peningkatan tarif angkutan udara atau tiket pesawat, Aden menyatakan dirinya sendiri merasakan langsung kenaikan harga tersebut pada awal Juli lalu.

"Waktu itu saya mau berangkat ke Jakarta dan tiket habis, tapi karena harus rapat jadi saya tetap cari tiket malam, harganya sampai Rp2,4 juta," katanya.

Dari penerbangan itu, dia mengetahui tingginya angka penumpang pesawat karena baru saja usai event wisata Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, akhir Juni lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper