Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILPRES 2019: Koalisi Sepakat Cawapres Jokowi, Parpol Lain Dipersilakan Gabung

Koalisi partai pengusung Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden 2019 tetap membuka kesempatan bagi partai lain untuk bergabung.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Juli 2018  |  09:43 WIB
Presiden Jokowi bertemu dengan ketua umum partai politik yang mengusungnya sebagai calon presiden 2019. - Dok.Setpres
Presiden Jokowi bertemu dengan ketua umum partai politik yang mengusungnya sebagai calon presiden 2019. - Dok.Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Koalisi partai pengusung Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden 2019 tetap membuka kesempatan bagi partai lain untuk bergabung.

"Koalisi tidak membatasi hanya pada enam parpol saja. Namun demikian, tambahan anggota koalisi harus disepakati seluruh anggota yang enam secara mufakat," kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy di Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Rommy, sapaan akrabnya, mempersilakan Demokrat bergabung dengan koalisi pengusung Jokowi apabila hasil pembicaraan dengan Gerindra tidak menggembirakan.

Pada pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Senin (23/7/2018) malam, enam ketua umum partai anggota koalisi, yakni Megawati Soekarnoputri dari PDIP, Airlangga Hartarto dari Golkar, Surya Paloh dari Nasdem, Oesman Sapta Odang dari Hanura, Muhaimin Iskandar dari PKB, dan Rommy dari PPP menyepakati keenam parpol itu sebagai formasi solid pengusungan Jokowi sebagai capres 2019.

Dalam pertemuan itu koalisi juga telah menyepakati cawapres pendamping Jokowi yang pada saatnya nanti akan diumumkan sendiri oleh Jokowi.

"Koalisi sepakat akan bertemu kembali selambat-lambatnya pekan depan untuk membicarakan langkah-langkah lanjutan yang dianggap perlu dalam rangka pemenangan Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019," tutur Rommy.

Sementara itu, Gerindra, PAN, dan PKS dipastikan akan menjadi koalisi yang akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Demokrat tinggal satu-satunya parpol yang belum menentukan arah koalisinya. Demokrat masih menyerap aspirasi dari pengurus daerah.

Dijadwalkan pada Selasa (24/7/2018) malam Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di kediaman SBY, kawasan Mega Kuningan, Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilpres 2019

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top