Siswa Tidak Mampu, Gratis Masuk Sekolah Swasta di Jawa Barat

Newswire | 11 Juli 2018 16:11 WIB
Ilustrasi - Sejumlah siswa didampingi wali siswa mengantre untuk mendaftar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kantor Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/6). - Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Siswa tidak mampu di Jawa Barat berpeluang melanjutkan sekolah secara gratis di sekolah swasta provinsi itu.

Dinas Pendidikan Jawa Barat, memastikan siswa tidak mampu yang gagal seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan harus masuk sekolah swasta, gratis pembiayaan khususnya yang mendaftar di sekolah penerima dana bantuan operasional sekolah (BOS).

"Ada penguatan dari kami dari dinas, di sekolah swasta tidak dipungut biaya," ujar Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi di Bandung, Rabu (11/7/2018).

Hadadi mengatakan, disdik telah mengeluarkan kebijakan bagi sekolah swasta terutama yang mendapatkan dana BOS, untuk membebaskan siswa tidak mampu dari segala macam biaya.

Sekolah swasta yang menerima BOS dan bantuan pendidikan menengah universal (BPMU) dari pemerintah provinsi tidak boleh membebani anak dari keluarga tidak mampu dengan biaya pendidikan.

"Kebijakan kami, yang tidak mampu tidak dipungut biaya. Sekolah tidak boleh memaksa yang tidak mampu harus bayar. Kalau hanya berkontribusi sesuai kemampuan, silakan," kata dia.

Menurutnya, dalam upaya agar seluruh siswa dapat mengenyam sekolah tingkat atas, ia telah berkoordinasi dengan Badan Musyawarah Pengelola Perguruan Swasta (BMPPS) dan Forum Kepala Sekolah (FKS) mengenai kebijakan tersebut.

"Kedua forum tersebut sepakat tidak membebani biaya pendidikan kepada anak keluarga tidak mampu," kata dia.

Sumber : Antara

Tag : sekolah, ppdb
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top