Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peran Bappenas Direvitalisasi untuk Susun Cetak Biru Pembangunan Nasional

Pemerintah ingin mengembalikan peran dan fungsi Bappenas, untuk memastikan proses pembangunan.
Mendagri Tjahjo Kumolo/Bisnis-Juli Etha
Mendagri Tjahjo Kumolo/Bisnis-Juli Etha

Bisnis.com, JAKARTA - Di Acara Indonesia Develompment Forum yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mengakselerasi derap pembangunan. Tjahjo sempat menyinggung peran serta posisi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai lembaga strategis dalam merumuskan format perencanaan pembangunan nasional.

"Kita ingin mengembalikan peran dan fungsi Bappenas, untuk memastikan proses pembangunan," kata Tjahjo dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (10/7/2018).

Menurut Tjahjo, bicara tentang konsep pembangunan banyak perubahan yang terjadi, misalnya, di zaman Bung Karno, ada program jangka pendek dan jangka panjang. Kemudian di era Presiden Soeharto, Gus Dur sampai Presiden Megawati, konsep pembangunannya juga jelas. Tetapi begitu pemilihan presiden digelar secara langsung, konsep pembangunan tergantung kepada siapa yang terpilih dalam pemilihan.

Artinya, janji kampanye calon presiden terpilih, itu yang jadi program jangka pendek dan menengah pembangunan. Begitu juga dengan program jangka pendek dan menengah di daerah seiring digelarnya pemilihan langsung.

"Begitu pemilihan langsung, janji politik presiden, seorang bupati, seorang gubernur, begitu jadi itu merupakan program jangka pendek, jangka panjang pemerintahan," katanya.


Tentu tak mudah merumuskan konsep pembangunan yang terintegrasi. Terlebih Indonesia bukanlah negara yang secara geografis kecil melainkan negara kepulauan yang besar dan majemuk.

"Geografis adalah tantangan yang dihadapi. Juga bagaimana menggerakkan dan mengoganisir masyarakat," ujarnya.

Bappenas kata dia, punya peran penting dalam merumuskan cetak biru perencanaan pembangunan nasional. Misalnya, seperti apa pembangunan infrastruktur ekonomi dan sosial yang hendak dilaksanakan. Termasuk didalamnya pembangunan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Bagaimana cara mengurangi angka kemuskinan dan angka pengangguran dalam konteks problem ketimpangan sosial," katanya.

Bicara ketimpangan, lanjut Tjahjo, harus diakui masih terjadi di berbagai sektor. Karena itu yang terus diupayakan pemerintah, adalah membangun konektivitas dan aksesibilitas. Sehingga antar wilayah yang saling mendukung dan tersambung. Dengan begitu, masalah seperti disparitas harga sedikit demi sedikit bisa dikikis. Dan, ia bersyukur, kini tngginya perbedaan harga mulai bisa disatukan.

"Indonesia itu satu dari Sabang sampai Merauke. Kini sudah sambung menyambung dengan program yang direncanakan oleh Bapennas, mulai dari infrastruktur ekonomi dan sosialnya," kata Tjahjo.

Dalam kesempatan itu juga Tjahjo menyorot soal belanja pemerintah daerah. Menurut dia, harus diakui masih ada yang belum tepat sasaran. Ini jadi tantangan yang memerlukan perhatian para kepala daerah. Masalah lain yang jadi tantangan pembangunan adalah tumpang tindihnya aturan. Masalah ini cukup menghambat akselerasi pembangunan.

"Indonesia itu negara UU, ada 43 ribu lebih aturan yang melimputi peraturan mulai peraturan pemerintah pusat sampai daerah, belum peraturan camat, belum peraturan kepala desa, salah sedikit ditunggu oleh KPK, oleh kejaksaan oleh polisi. Ini problem," katanya.

Problem lainnya, kata dia, kehati-hatian para pemangku kebijakan dalam melakukan inovasi. Ada semacam ketakutan, inovasi yang dilakukan berbuah kasus hukum. Padahal inovasi sangat penting dalam mempercepat proses pembangunan.

"Arah kebijakan Bapak Jokowi dengan nawacitanya yang sudah dijelaskan secara detail, Insya Allah tahun ini pembangunan infrastruktur ekonomi dan sosial selesai. Setiap kecamatan harus punya puskesmas lengkap dengan dokter dan obatnya, rumah sakit rujukan, dengan pelabuhannya, ada sekolahannya, harus bisa terwujud," tuturnya.

Tantangan lainnya, kata Tjahjo menyangkut bagaimana meningkatkan kualitas dan ketersediaan pelayanan kesehatan. Misalnya ia contohkan masalah gizi anak. Ini masih jadi problem yang memerlukan perhatian bersama. Tapi untuk kontek pembangunan infrastruktur, telah sesuai jalur. Walau itu juga banyak menghadapi tantangan. Namun Tjahjo yakin, bila perencanaan pembangunan bisa disusun dengan fokus, segala tantangan bisa dijawab.

"Jadi saya kira kuncinya ada pada masalah perencanaan anggaran. Mohon perencanaan anggaran juga harus dilihat secara detail, programnya apa, dan memastikan program itu bisa berjalan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper