Suriah Tembak Pesawat Israel, Pertahanan Udara Rontokkan Serangan Rudal

Pertahanan udara Suriah menembak satu pesawat tempur Israel selama serangan udara Israel terhadap Pangkalan Udara T-4 Suriah di Suriah Tengah, Minggu, ujar pihak militer Suriah dalam satu pernyataan melalui stasiun TV.
Newswire | 09 Juli 2018 09:13 WIB
Ilustrasi: Pesawat tempur Rusia Tupolev Tu-95MS di langit Suriah - Reuters

Bisnis.com, DAMASKUS -  Agresi pesawat tempur Israel ke kawasan Suriah berhasil digagalkan, Minggu (8/7/2018).

Pertahanan udara Suriah menembak satu pesawat tempur Israel selama serangan udara Israel terhadap Pangkalan Udara T-4 Suriah di Suriah Tengah, Minggu, ujar pihak militer Suriah dalam satu pernyataan melalui stasiun TV.

Pertahanan Udara Suriah telah memaksa pesawat tempur lain Israel meninggalkan wilayah udara Suriah, setelah satu jet tempur ditembak dan banyak rudal dicegat, kata laporan tersebut.

Laporan itu tidak memberi rincian mengenai pesawat tempur Israel yang diserang tersebut, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. Itu bukan pesawat pertama yang diserang sebab pada Februari satu F-16 Israel jatuh di Israel Utara setelah ditembak oleh sistem pertahanan udara Suriah.

Sementara itu, stasiun televisi tersebut menyatakan enam rudal mendarat di sekitar pangkalan udara selama serangan pada Minggu. Ditambahkannya, kerugian terjadi tapi tak ada laporan mengenai korban tewas.

Stasiun TV itu mengudarakan rekaman video telepon genggam, yang memperlihatkan rudal pertahanan udara menerangi langit saat memburu rudal Israel.

Israel telah melancarkan beberapa serangan terhadap pangkalan udara khusus Suriah pada masa lalu, dan mengklaim Israel "membidik senjata dan petempur Iran". Israel menyatakan Israel takkan mentolerir pengaruh Iran di Suriah.

Pangkalan Udara T-4 diserang pada April, dan serangan tersebut dilaporkan "ditujukan kepada petempur Iran".

Tapi para pejabat pemerintah Suriah berulangkali mengatakan daerah yang menjadi sasaran adalah pangkalan Suriah dan tentara yang tewas adalah prajurit Suriah.

Serangan itu dilancarkan saat militer Suriah bergerak maju di Suriah Selatan di daerah di dekat Dataran Tinggi Golan, yang diduduki Israel, sehingga menyulut kemarahan Israel.

Israel mengkhawatirkan meluasnya pengaruh petempur dukungan Iran, Hizbullah, di daerah tersebut.

Sumber : Antara/Xinhua-OANA

Tag : suriah, israel
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top