Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2018: Lebih Seribu Siswa Berebut 420 Medali

Sebanyak 1.433 siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA berkompetisi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 di Padang, Sumatra Barat.
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 di Padang Sumatra Barat./Dok. Kemendikbud
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 di Padang Sumatra Barat./Dok. Kemendikbud

Bisnis.com, PADANG - Sebanyak 1.433 siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA berkompetisi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 di Padang, Sumatra Barat.

OSN 2018 secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno di Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin (2/7/2018).

Pembukaan OSN 2018 ditandai dengan penabuhan gendang tambur secara bersama-sama oleh Gubernur Sumatra Barat, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad, dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Sumatra Barat.

Irwan Prayitno mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh peserta.

"Olimpiade ini akan memotivasi anak untuk berprestasi. Selamat bertanding dan bertanding dengan 'fair play'," katanya seperti dikutip dari laman www.kemdikbud.go.id

Sains

Saat mewakili Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan sambutan, Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad mengatakan, sains dan teknologi merupakan unsur yang dapat menopang kemajuan negara.

"Saat ini semua negara berlomba untuk meningkatkan sains teknologi, enginering dan matematika," ujarnya.

Ia menuturkan, OSN pun menjadi sarana bagi siswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang sains. Selain itu, mereka juga harus bisa membangun karakter-karakter positif selama mengikuti OSN.

Ajang OSN diharapkan tidak hanya bisa melahirkan generasi bangsa yang pintar dalam bidang sains, melainkan juga memiliki karakter integritas dan menghargai keberagaman.

OSN 2018 ini diikuti perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 1.433 orang. Seluruh peserta terdiri dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah menengah Atas (SMA) dari 34 provinsi di Indonesia.

Jumlah Peserta

Keseluruhan peserta OSN XVII yang berjumlah 1.433 siswa itu terdiri dari tingkat SD/MI sebanyak 272 siswa, SMP/MTs 396 Siswa, dan SMA/MA 765 siswa. Total partisipan jika ditambah dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia pusat, dan panitia daerah adalah sebanyak 2.159 orang.

Peserta OSN akan berlaga dalam 11 bidang lomba yaitu Matematika, IPA, IPS, Informatika/Komputer, Kimia, Fisika, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi.

Untuk jenjang SD akan mengikuti perlombaan mata pelajaran IPA dan Matematika. Peserta jenjang SMP akan mengikuti perlombaan mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS.

Kemudian, di jenjang SMA diperlombakan sembilan bidang sains, yaitu Fisika, Kimia, Matematika, Astronomi, Biologi, Ilmu Kebumian, Informatika/Komputer, Geografi, dan Ekonomi.

Peserta OSN 2018 akan memperebutkan 420 medali dengan rincian: 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper