Presiden Timor Leste Lakukan Kunjungan Pertamanya ke Indonesia

Presiden Timor Leste Francisco Guterres memilih Indonesia sebagai tujuan kunjungan pertamanya ke luar negeri.
Muhammad Ridwan | 22 Juni 2018 17:41 WIB
Ilustrasi: Presiden Timor Leste Francisco Guterres Lu'Olo (tengah) didampingi Ketua Parlemen Aderito Hugo da Costa (kanan) dan diikuti Jose Maria Vasconcelos, Presiden Timor Leste sebelumnya, saat upacara pelantikan presiden di Dili, Timor Timur, 20 Mei 2017. - Reuters/Lirio Da Fonseca

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Timor Leste Francisco Guterres melakukan kunjungan luar negeri pertamanya dengan memilih Indonesia sebagai tujuan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, Francisco Guterres yang Jumat (22/6/2018) ini melantik kabinet pemerintahan baru, dalam kunjungannya akan diterima Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istaga Bogor, Kamis (28/6/2018).

“Timor Leste adalah negara tetangga terdekat, sehingga hubungan kerja sama dalam hal ekonomi sangatlah erat,” ujar Arrmanatha Nasir dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018).

Dalam pertemuannya dengan Presiden RI, isu yang menjadi perhatian Presiden Guterres adalah bagaimana kedua negara bisa lebih meningkatkan kerja sama ekonomi dalam beberapa sektor.

“Selama ini ada sekitar 9 BUMN Indonesia yang beroperasi di Timor Leste, hal tersebut menunjukan keterkaitan yang sangat erat dalam kerja sama ekonomi, untuk itu dalam pertemuan nanti akan membahas langkah untuk meningkatkan kerja sama tersebut,” ujar Arrmanatha.

Selain membahas kerja sama ekonomi, dalam kunjungannya Presiden Timor Lester juga akan membahas infrastruktur, energi, keuangan dan perbankan, serta tidak ketinggalan pariwisiata.

Seperti diketahui, Presiden Timor Leste Fransisco Guterres terpilih menjadi presiden tahun lalu. Selama menjabat sebagai presiden, Fransisco Guterres belum pernah melakukan kunjungan ke luar negeri.

Tag : timor leste
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top