Pemudik dari Jakarta ke Jabar dan Jateng Turun 40%

Mabes Polri mengungkapkan sejak Senin 11 Juni 2018 atau H-4 Hari Raya Idulfitri terjadi penurunan arus mudik melalui jalur tol dari arah DKI Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah.
Sholahuddin Al Ayyubi | 12 Juni 2018 17:18 WIB
Foto aerial suasana lalu-lintas jalan tol Cikampek, di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Senin (12/3/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA--Mabes Polri mengungkapkan sejak Senin 11 Juni 2018 atau H-4 Hari Raya Idulfitri terjadi penurunan arus mudik melalui jalur tol dari arah DKI Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Muhammad Iqbal mengatakan penurunan jumlah pemudik hingga 40% tersebut juga berdampak pada penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas sejak dimulainya Operasi Ketupat 2018 hingga H-4 Hari Raya Idulfitri sebesar 19% dibandingkan tahun lalu.

"Penurunan juga terjadi pada korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia. Turun sekitar 40% dari tahun lalu sejak Operasi Ketupat 2018 dimulai," tutur Iqbal, Selasa (12/6/2018).

Kendati demikian dia mengakui masih ada sejumlah titik kepadatan lalu lintas pada ruas jalan tertentu disebabkan banyaknya pemudik yang memilih waktu mudik secara bersamaan. Namun, Iqbal memastikan arus lalu lintas mudik tahun ini akan lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya karena sarana dan prasarana infrastruktur jalan sudah siap dilewati para pemudik.

"Kami mengapresiasi pemerintah yang sudah lama mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mengantisipasi kemacetan," katanya.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top