JELAJAH JAWA BALI 2018: Perkebunan Tebu Temani Perjalanan di Malang

Selain pantai, Malang juga menjadi produsen penghasil gula tebu di Jawa Timur (Jatim). Di sepanjang jalan di luar perkotaan, tim Liputan Lebaran-Jelajah Jawa Bali (LL-JJB) 2018 mendapati perkebunan tebu yang sudah siap panen dengan bunga yang bermekaran atau bahkan baru saja bongkar ratoon untuk ditanam ulang.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2018 | 12 Juni 2018 13:19 WIB
Buruh memanen tebu untuk dikirim ke pabrik gula di Ngawi, Jawa Timur, Selasa (8/8). - ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, MALANG -- Tim kedua Liputan Lebaran-Jelajah Jawa Bali 2018 sudah tiba di Malang. Membelah daerah yang baru-baru ini mendapatkan julukan baru sebagai Kota Seribu Pantai.

Selain pantai, Malang juga menjadi produsen penghasil gula tebu di Jawa Timur (Jatim). Di sepanjang jalan di luar perkotaan, tim Liputan Lebaran-Jelajah Jawa Bali (LL-JJB) 2018 mendapati perkebunan tebu yang sudah siap panen dengan bunga yang bermekaran atau bahkan baru saja bongkar ratoon untuk ditanam ulang.

Pemerintah optimistis produksi gula nasional pada 2018 akan meningkat 7,14% dibandingkan dengan capaian tahun lalu. Pada 2017, produksi gula nasional adalah 2,1 juta ton sedangkan pada tahun ini diproyeksi menjadi 2,25 juta ton.

Selain itu, produksi gula dipastikan membaik karena faktor iklim yang bagus. Hal tersebut diklaim sudah terlihat sejak musim penggilingan pertama. Meski jumlahnya tidak banyak, tapi terjadi kenaikan dibandingkan produksi.

Perbaikan produksi juga dilakukan melalui program pengembangan areal tebu pemerintah seluas 11.000 hektare (ha). Selain itu, petani juga distimulasi untuk melakukan bongkar ratoon seluas 10.000 ha supaya produktivitas membaik.

Perluasan areal dan bongkar ratoon akan dilakukan di Jatim, Jawa Tengah (Jateng), Lampung, Bali, dan Sulawesi Selatan (Sulsel). Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian (Kementan)  menargetkan proyek tersebut selesai tahun ini.

Pantauan arus mudik dari tim LL-JJB 2018 juga bisa langsung disaksikan lewat Instagram Bisnis, @bisniscom.

Penulis naskah: Tim Jelajah Jawa Bali 2018 (Krizia Putri Kinanti, Adam Rumansyah, Pandu Gumilar, M.Richard)

Sumber : tim jelajah

Tag : tebu, Mudik Lebaran 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top