Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Media Berperan Penting dalam Memperkuat Kerja sama Asean-China

Media memiliki peran penting guna memperkuat kerja sama antara Asean dan China terutama dalam penyebaran informasi di masing-masing pihak.
First Asean-China Media Cooperation Forum/Rahayuningsih
First Asean-China Media Cooperation Forum/Rahayuningsih

Bisnis.com, WUXI, China, -- Media memiliki peran penting guna memperkuat kerja sama antara Asean dan China terutama dalam penyebaran informasi di masing-masing pihak.

Yang Xiuping, Secretary General of Asean-China Centre, mengatakan sejak beberapa tahun ini, media tiap negara di Asean dan China ikut berperan dalam membangun hubungan strategis antara Asean dan China.

"Asean dan China merupakan tetangga dan rekan yang baik. Sejak beberapa tahun ini, kedua belah pihak telah menjalankan kerja sama dalam berbagai hal yang lebih luas," ujarnya dalam First Asean-China Media Cooperation Forum, Sabtu (12/5/2018).

Dari data yang ada, lanjutnya, pada 2017 perdagangan di antara kedua pihak telah mencapai US$514,8 miliar dengan akumulasi investasi mencapai US$200 miliar.

"Hal itu tidak akan tercapai bila tanpa adanya dukungan dari seluruh sektor salah satunya media," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, AKP. Mochtan, Deputy Secretary-General of Asean mengatakan media merupakan pihak yang paling penting dalam penyebaran informasi. Melalui berbagai platform saat ini, setiap orang dapat dengan mudah terhubung lintas negara.

Dalam konteks Asean-China, lanjutnya, persepsi publik menjadi penting, dan media berperan dalam hal itu terutama membagikan informasi positif.

"Media berperan penting dalam menyuarakan independensi, membuka jejaring, dan sebagai agen perubahan," tuturnya.

Mochtan mengatakan melalui media, masyarakat di tiap negara dapat dengan mudah mengetahui potensi di masing-masing pihak.

"Media juga berperan dalam memberikan informasi yang benar tentang kesalahpahaman yang sekiranya dapat menghambat kerja sama di antara kedua pihak."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahayuningsih

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper