Ini 8 Peluang Investasi Berprospek Cerah di Jawa Barat

Jawa Barat menawarkan delapan peluang bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya di daerah itu.
Newswire | 19 April 2018 16:09 WIB
Bandara Nusawiru di Pangandaran yang direncanakan dikembangkan mulai tahun ini. - Jabarprov.go.id

Bisnis.com, BEKASI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jawa Barat menawarkan delapan peluang bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya di daerah itu.

"Ada delapan peluang investasi pada 2018 di Jabar yang sudah kami susun untuk mendongkrak pertumbuhan investasi di daerah ini," kata Kepala Dinas PMPTSP Jabar Dadang Mohamad di Bekasi pada Kamis (19/4/2018).

Peluang investasi tersebut di antaranya pengembangan kawasan wisata Tenjo Land dan Curug Puncak Jeruk di Kabupaten Sukabumi serta wisata Tanjungsari dan Tegalwaru di Kabupaten Bogor.

Sektor investasi lainnya adalah pembangunan infrastruktur seperti Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Microcell Pole di Bandung Raya.

"Jabar juga sedang melakukan pengembangan Bandar Nusawiru di Pangandaran dan kerja sama pengembangan lahan Perum Perhutani," katanya.

Dadang mengutarakan Jabar merupakan wilayah dengan jumlah penduduk lebih dari 47 juta jiwa yang menjanjikan secara iklim investasi.

"Populasi jumlah penduduk di Jabar menjadi yang terbesar di Indonesia sehingga merupakan pasar yang besar," kata Dadang.

Dengan pasar sedemikian besar, menurt dia, telah mendongkrak transaksi investasi di Jawa Barat pada 2017 hingga Rp107,06 triliun.

Realisasi investasi tersebut berasal dari penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp68,67 triliun dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp38,39 triliun.

Realisasi investasi pada 2017 itu meningkat dibandingkan dengan 2016 yang sebesar Rp105,35 triliun.

Menurutnya, ada lima negara yang menjadi top investor berdasarkan nilai investasinya dalam 2017, di antaranya Jepang dengan investasi Rp25 triliun lebih, Singapura Rp12,8 triliun lebih, Belanda Rp7 triliun lebih, Korea Selatan Rp4,3 triliun lebih dan Brasil Rp3 triliun lebih.

Dadang menambahkan Kabupaten Bekasi menjadi daerah yang paling diminati dalam sektor investasi di Jabar dengan rasio investasi 30,48 persen.

Selanjutnya Kabupaten Karawang dengan rasio investasi 27,08 persen, Kabupaten Bogor 5,97 persen, Kota Bogor 4,85 persen, dan Kabupaten Cirebon 4,58 persen.

Industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain menjadi sektor yang paling diminati investor. Selanjutnya ada sektor industri logam, mesin dan elektronika, perumahan kawasan industri dan perkantoran, industri makanan, serta transportasi, gedung dan komunikasi.

Sumber : Antara

Tag : investasi, jawa barat
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top