Pemkot Padang Targetkan Kunjungan 3,6 Juta Wisatawan

Pemerintah Kota Padang menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 3,6 juta orang tahun ini, baik itu wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.
Heri Faisal | 18 Maret 2018 01:18 WIB
Pemandangan Taman Reklamasi Indarung, di Kecamatan Lubukkilangan Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (27/3). Area konservasi bekas tambang tanah liat PT Semen Padang itu selain dimanfaatkan sebagai lapangan golf, juga sebagai tempat konservasi 293 jenis flora/tumbuhan dan 47 jenis fauna/hewan. - Antara

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kota Padang menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 3,6 juta orang tahun ini, baik itu wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang Medi Iswandi menyebutkan target tersebut naik sekitar 400.000 orang dari tahun sebelumnya yang ditargetkan mencapai 3,2 juta wisatawan.

“Tahun lalu realisasinya melebihi target. Tahun ini kami targetkan jadi 3,6 juta, semoga bisa di atas target,” katanya Sabtu (17/3/2018).

Dia mengatakan kunjungan wisatawan ke daerah itu sepanjang tahun lalu mencapai 3,5 juta orang dari target wisatawan yang hanya 3,2 juta.

Menurutnya, pembenahan sejumlah objek wisata di daerah itu, serta ekspos mengenai pariwisata Kota Padang di berbagai media ikut meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Umumnya, kata Medi, wisatawan yang datang ke Padang adalah dari provinsi tetangga, seperti Riau, Jambi, Sumatra Utara, dan Bengkulu.

Mereka juga datang  dari Kepulauan Riau, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan sejumlah daerah lainnya di Tanah Air. Termasuk juga wisatawan mancanegara dari Malaysia, Australia, Singapura, dan negara lainnya.

Dia menuturkan kunjungan wisatawan terbanyak masih pada saat hari libur, terutama libur Idul Fitri dengan kunjungan wisatawan mencapai puluhan ribu orang setiap harinya.

“Hanya kunjungan masih di momen-momen libur, terutama Idul Fitri paling banyak. Kami harapkan di hari lainnya juga akan meningkat,” katanya.

Ada pun, sejumlah objek wisata yang menjadi fokus pembenahan oleh pemda setempat adalah sepanjang pantai Padang, dari Muaro Lasak, Danau Cimpago, Pantai Purus, hingga Muaro Batang Arau.

Selain itu, pembenahan dilakukan di kawasan Kota Tua Padang, Batang Arau, Taman Siti Nurbaya Gunung Padang hingga Pantai Air Manis.

Termasuk juga pembenahan objek wisata sejumlah pantai di kawasan Bungus, Pantai Pasir Jambak, dan Taman Hutan Raya (THR) Bung Hatta.

Tag : kota padang, sumatra barat
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top