Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Lokasi di Bali yang Benar-benar Tanpa Listrik Selama Nyepi

Enam wilayah di Bali mengajukan pemadaman listrik kepada PLN selama pelaksanaan Hari Raya Nyepi untuk menjaga ketertiban selama hari besar tersebut berlangsung.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 15 Maret 2018  |  18:20 WIB
Petugas keamanan adat Bali atau Pecalang berpatroli di jalan tol Bali Mandara saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939 di Desa Adat Tuban, Badung, Bali, Selasa (28/3). - Antara/Panji Anggoro
Petugas keamanan adat Bali atau Pecalang berpatroli di jalan tol Bali Mandara saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939 di Desa Adat Tuban, Badung, Bali, Selasa (28/3). - Antara/Panji Anggoro

Kabar24.com, DENPASAR—Enam wilayah di Bali mengajukan pemadaman listrik kepada PLN selama pelaksanaan Hari Raya Nyepi untuk menjaga ketertiban selama hari besar tersebut berlangsung.

Berdasarkan data yang diperoleh Bisnis, daerah itu adalah Desa Les, Tejakula dan Penuktukan di Kabupaten Karangasem serta Pulau Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Lembongan di Kabupaten Klungkung. Permohonan pemadaman listrik tersebut diajukan langsung oleh pengurus desa adat berdasarkan hasil kesepakatan rapat desa setempat.

GM PLN Bali Nyoman Suwarjoni Astawa mengatakan permohonan dari aparat deda adat itu akan dikabulkan olehnya.

Dia menegaskan sebenarnya selama Nyepi tidak melakukan pemadaman, tetapi karena ada permintaan maka petugasnya siap menjalankan.

“Akan kami tindaklanjuti untuk menjaga ketertiban selama Nyepi berlangsung,” jelasnya, Kamis (15/3/2018).

Suwarjoni menegaskan bahwa selain keenam daerah tersebut, layanan listrik masih tetap berfungsi secara normal. Hanya ditegaskan olehnya, petugas PLN tetap siaga memantau jika ada suatu hal yang mendesak dan bersifat kegawatdaruratan.

Dia mengungkapkan selama Nyepi berlangsung, petugas yang bersiaga akan meminta izin kepada pecalang untuk menjamin tetap berjalannya layanan bagi masyarakat.

Dicontohkan olehnya, apabila terjadi gangguan di gardu induk 20 Kv dan harus segera ditangani maka petugasnya akan meluncur ke lokasi dengan terlebih dulu meminta izin ke pecalang setempat.

Suwarjoni menyampaikan bahwa selama Nyepi berlangsung maka beban puncak daya di daerah Bali akan mengalami penurunan. Diprakirakan beban puncak saat Nyepi sebesar 549 MW. Adapun kapasitas cadangannya mencapai 706 MW.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nyepi
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top